nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Bahan Tidak Aman 12 Merk Kosmetik Disita BPOM RI, Ada Merk Terkenal

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 10:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 15 194 1936716 pakai-bahan-tidak-aman-12-merk-kosmetik-disita-bpom-ri-ada-merk-terkenal-l2zct1YHkC.jpg BPOM tarik kosmetik palsu ada merk terkenal (Foto:Ilustrasi/Ist)

WASPADAI ladies, beberapa merek produk kosmetik ternama yang mungkin Anda pakai ternyata diduga kuat mengandung bahan berbahaya. BPOM RI pun menarik produk tersebut dari pasaran selama tiga bulan terakhir.

Dalam sidaknya yang dilakukan di Jakarta dan Serang setidaknya ada 12 merek kosmetik yang laris di pasaran. Beberapa produk dengan merk terkenal bahkan ditemukan palsu, tapi masih banyak orang menggunakan.

Oleh karenanya, BPOM RI tak henti-henti mengimbau konsumen, khususnya golongan milenial, harus bijak dalam memilih produk kosmetik. Janganlah tergiur dengan iklan-iklan menyesatkan atau harga yang tidak wajar.

 Kim Kardashian Nyaris Bugil Promosikan Sepatu Kanye West, Pose Tengkurap Saja Seksi Banget!

“Generasi milenial menjadi salah satu target edukasi BPOM RI karena mereka akrab dengan dunia digital," ujar Kepala BPOM RI Penny K Lukito, lewat keterangan yang diterima Okezone, Rabu (15/8/2018).

Dia menambahkan, kaum milenial kerap menjadi sasaran iklan kosmetik. Sampai-sampai mereka menjadi beauty blogger dan beauty vlogger yang kerap mengulas satu produk kosmetik dari berbagai merek.

Untuk mencegah risiko berbahaya, mereka diajak untuk belajar memilih dan menggunakan kosmetik yang aman, bermutu, dan bermanfaat. Ketika ada temuan produk berbahaya, mereka juga langsung diminta lapor.

"Kalau menemukan produk mencurigakan, cepat laporkan ke kami. Misalnya kalau produk tersebut ilegal, mengandung bahan dilarang atau berbahaya," bebernya.

Tak sekedar itu, mereka juga diminta untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuannya akan bahaya kosmetik, jika mengandung bahan dilarang atau berbahaya. Ditambah lagi harus sering edukasi ke orang terdekatnya atau ke publik saat mengulas suatu produk.

 Bahaya Beri Bayi Air Putih Sebelum Usianya 6 Bulan, Bisa Keracunan Loh!

Adapun produk kosmetik yang diklaim berbahaya, ilegal atau palsu tersebut adalah:

1. Temulawak Two Way Cake

2. New Papaya Whitening Soap

3. NYX Pensil Alis

4. MAC Pensil Alis

5. Revlon Pensil Alis

6. Collagen Plus Vit E Day and Night Cream

7. Cream Natural 99

8. SP Whitening and Anti Acne

9. Quine Pearl Cream

10. Citra Day Cream

11. Citra Night Cream

12. La Widya Temulawak

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini