nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cantik Saja Tidak Cukup, Begini Cara Sehat Merawat Kulit Wajah

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 10:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 15 194 1936732 cantik-saja-tidak-cukup-begini-cara-sehat-merawat-kulit-wajah-dqvmi2N1Ke.jpg Seputar perawatan wajah (Foto:Glamour)

PARA perempuan biasanya selalu merasa bagaimana cara ia merawat kulit wajahnya adalah yang terbaik, karena terlihat cantik dan menarik. Padahal, cantik saja tidak cukup sebab kesehatan kulit wajah pun mesti diperhatikan lewat cara merawatnya.

Menjadikan wajah cantik tidak hanya menggunakan kosmetik dan produk perawatan kulit secara rutin saja, karena menurut Dr. Maria Charlotte, seorang spesialis kecantikan dan estetika, mengatakan, pola makan pun bisa memengaruhi kesehatan kulit dan kegiatan luar ruang seperti liburan yang sekarang jadi tren juga turut ambil andil jadi pemicu kerusakan kulit.

“Pola makan tidak rasional bisa pengaruhi kesehatan kulit wajah. Kegiatan luar ruang, berkendara terbuka seperti ojek bisa menyebabkan jerawat dan bisa saja gigitan serangga. Selain itu, iklim pun berpengaruh,” imbuh Dr. Maria Charlotte, dalam sebuah kesempatan, Jakarta, kemarin, Selasa (14/8/2018).

 Kim Kardashian Nyaris Bugil Promosikan Sepatu Kanye West, Pose Tengkurap Saja Seksi Banget!

Dokter yang kerap disapa dokter Cherry ini pun melanjutkan penjelasannya, menurutnya saat cuaca panas jika manusia tidak pakai sunblock bisa terkena sun burn atau terbakar matahari. Perlu diketahui juga ternyata tiap manusia punya jatah hanya lima kali terkena sun burn selama hidupnya, yang kalau sampai habis hal itu meningkatkan risiko kanker dua kali lipat. Cuaca berbahaya bagi kulit tidak hanya panas saja, tapi saat cuaca dingin kulit juga bisa kering, tapi di Indonesia jarang terjadi.

Di sisi lain, menurut dokter Cherry sampai saat ini ketika semua teknologi perawatan kulit wajah sudah canggih, jerawat masih saja jadi masalah kulit nomor satu. Mulai dari cara menghilangkannya, bekas jerawat yang mengurangi kecantikan wajah, hingga bekas kemerahan yang mengganggu, tetap jadi masalah yang berarti bagi sebagian perempuan.

“Jerawat ada karena ada produksi sebum yang meningkat, hiperproliferasi folikel pilodebasea, dan kolonisasi propionibacterium acnes. Mau apapun, make up atau skin care, intinya mengarah pada kebersihan kulit,” ujarnya.

 Bahaya Beri Bayi Air Putih Sebelum Usianya 6 Bulan, Bisa Keracunan Loh!

Meskipun perempuan memiliki mobilitas tinggi dan aktivitas padat, setelah mengaplikasikan make up harus membersihkan kulit wajah sampai bersih hingga tidak ada lagi make up yang tersisa, agar bisa terhindar dari jerawat. Pasalnya, jika jerawat terus dibiarkan akhirnya muka bisa tidak rata teksturnya alias bopeng.

 Mulai dari cara menghilangkannya, bekas jerawat yang mengurangi kecantikan wajah,

“Kembali lagi ke cara membersihkan wajah sebersih mungkin. Bukan digosok ya, tapi dijaga kebersihannya dengan cara membersihkan tepat. Selain itu, penggunaan produk perawat kulit juga penting, seperti pelembab wajah yang wajib diaplikasikan sesuai jenis kulit, karena kita punya faktor natural kulit lembap yang berangsur menghilang saat usia 20an,” paparnya.

Maka, dari kondisi seperti itu lah setiap orang khususnya perempuan, membutuh losion yang tidak hanya khusus wajah saja, tapi juga badan. Menurut dokter Cherry semakin tua wajah akan terasa semakin kering, sering juga terasa gatal.

“Sun block harus digunakan, soothing cream or gel perlu Jika kepanasan. Pakaian sesuai iklim, kalau panas pakai katun, kontrol makanan karena makanan sehat hasilkan kulit sehat,” tandasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini