nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal Paling Dipercaya Perempuan Soal Perawatan Wajah Ini Ternyata Hanya Mitos

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 08:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 15 194 1937112 5-hal-paling-dipercaya-perempuan-soal-perawatan-wajah-ini-ternyata-hanya-mitos-UtA9t6UOwK.jpg Ilustrasi (Foto: Ratunabeuatycare)

DALAM perjalanan merawat kulit wajah, seringkali perempuan merasa dilema akan perawatan yang sedang ia lakukan. Alasannya bisa jadi karena hasil perawatan yang dilakukan belum menunjukkan perubahan pada kulit sementara teman-temannya tidak demikian.

Masalah lainnya bisa jadi dilema karena banyak nasihat-nasihat atau saran yang didapatkan dari orang-orang sekitar. Padahal, bisa jadi omongan-omongan tentang perawatan kulit wajah tersebut hanya mitos belaka. Lantas, apa saja mitos terkait perawatan kulit wajah yang salah? Berikut 5 daftarnya yang disebutkan oleh Dr. Maria Charlotte, seorang spesialis kecantikan dan estetika, dalam sebuah kesempatan belum lama ini di Jakarta.

1. Kulit orang Indonesia lebih kuat terhadap paparan sinar matahari

Melanin pada kulit orang Indonesia (Asia) lebih banyak, sehingga meningkatkan pertahanan kulit terhadap sinar matahari SPF menggambarkan perlindungan terhadap UVB.

2. Semakin tinggi kandungan SPF tabir surya semakin baik proteksi kulit

Faktanya kandungan SPF perlu disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan, contoh saat beraktivitas di luar ruang atau dalam ruang, berjemur di bawah matahari atau berenang dan aktivitas lainnya butuh kandungan SPF yang berbeda-beda.

tabir surya

3. Semakin sering menggunakan eksfoliasi agent semakin baik bagi kulit

Over exfoliate akan menimbulkan iritasi karena barrier atau lapisan kulit menghilang. Alih-alih terlihat cantik memesona, yang ada malah kulit wajah nampak kemerahan hingga timbul masalah lainnya.

4. Bersih kulit wajah terasa kesat setelah dibersihkan

Mitos yang satu ini juga tidak benar. Rasa kesat pada kulit wajah justru berarti sebaliknya, yaitu menandakan pembersih wajah yang digunakan kurang tepat karena telah mengikir kelembapan alami kulit. Setelah mencuci wajah, harusnya kulit terasa lembap dan tidak kering.

5. Kulit yang berminyak tidak butuh moisturizer atau pelembap

Wajah manusia memiliki natural moisturizing factor atau yang biasa disingkat NMF. Sayangnya pada kenyataannya NMF ini akan berangsur-angsur berkurang seiiring bertambahnya usia. Pada perempuan, pengurangan NMF tersebut akan dimulai sejak usia memasuki 20 tahun dan berkurang hingga seterusnya. Oleh karena itu, kulit berminyak pun memerlukan pelembap untuk menjaga kelembapannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini