nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Kambing Raksasa, Monster atau Hanya Cacat Genetika?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 06:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 15 196 1936629 viral-video-kambing-raksasa-monster-atau-hanya-cacat-genetika-09blCVMR0a.jpg Kambing Damascus. (Foto: Oddiyt Central)

PARA netizen dikejutkan dengan sebuah video kambing jantan raksasa. Banyak orang mengatakan hewan itu sebagai 'monster kambing'. Lantas, apalah kambing tersebut memang monster, atau hanya cacat genetika?

Ternyata dia sebenarnya hanya seekor Kambing Damaskus. Melansir Oddity Central, kambing dalam video tersebut memang memiliki beberapa fitur wajah yang berlebihan, kepala raksasa yang tidak proporsional, leher yang sangat panjang, tengkorak berkubah dan underbite yang aneh.

Namun, memang seluruh jenis kambing Damascus terlihat seperti seharusnya mahluk aneg di film sci-fi atau film horor. Meski penampilannya aneh, sebenarnya kambing Damascus lebih unggul dalam banyak hal, daripada sebagian besar ras yang lebih umum.

Baca Juga: Gara-Gara Sering Nonton Film Porno, Ibu Guru Ini Nekat Cabuli 6 Muridnya

Tapi bagi mereka yang baru melihat kambing ini untuk pertama kalinya, memang akan cukup heran bahkan ketakutan. Kambing Damaskus berasal dari negara di Suriah dan negara-negara Timur Tengah.

Keberadaan kambing ini menghebohkan jagad maya ketika seorang pria Mesir bernama Ahmed Ramadan memposting sebuah video kambing laki-laki yang tampak aneh di Facebook. Orang-orang begitu ketakutan tentang penampilannya, sehingga mereka mulai membagikannya dan menyebut hewan itu sebagai "Monster Kambing".

Kambing ini memiliki moncong yang tumpul, telinga mereka terlihat seperti tabung tulang rawan yang tumbuh dari tengkorak mereka dan mata mereka terletak jauh di sisi kepala mereka.

Menariknya, kambing Damascus memiliki moncong yang terlihat sangat normal ketika mereka masih muda, tampaknya untuk membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk menyusu dari ibu mereka, dan hanya tumbuh menjadi tampilan aneh seiring mereka dewasa.

Baca Juga: Cantiknya Threesyadinda, Atlet Panahan Indonesia di Asian Games 2018

Mereka pun dilahirkan dengan telinga yang sangat panjang ini, yang paling sering dipotong menjadi lebih pendek. Percaya atau tidak, kambing Damascus dihargai oleh banyak orang karena penampilan mereka, di antara lainnya.

Beberapa spesimen dibiakkan untuk menampilkan fitur wajah ekstrem ini, yang tampaknya dapat menghasilkan lebih banyak uang bagi pemiliknya. Percaya atau tidak kambing Damascus memenangkan gelar “Kambing Terindah” di kompetisi Mazayen al-Maaz di Riyadh, pada tahun 2008.

Meskipun tidak umum seperti ras kambing yang lebih normal, hewan ini sangat dihargai karena kualitas susu mereka yang unggul secara genetik, yang tampaknya membantu orang muda tumbuh pada tingkat yang lebih cepat daripada ras lain. Kambing ini diperkirakan mencapai 78 sentimeter (31 inci).

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini