Punya 2 Anak Berkebutuhan Khusus, Agatha Suci Belajar Pola Asuh dari Ibu

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 15 196 1936811 punya-2-anak-berkebutuhan-khusus-agatha-suci-belajar-pola-asuh-dari-ibu-AZGLIUBJPb.jpg Agatha Suci (Foto: Tiara/Okezone)

MEMILIKI anak berkebutuhan khusus bukanlah hal yang mudah. Bagi seorang ibu, mungkin kondisi tersebut dapat membuatnya menyalahkan diri sendiri. Hal inilah yang sempat dialami oleh Agatha Suci. Dua anaknya didiagnosis mengalami sensory processing disorder yaitu gejala autisme.

Walau begitu, penyanyi dari jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol itu enggan menyalahkan Tuhan atas kondisi kedua anaknya. “Bagi aku Pencipta enggak boleh disalahkan. Pada saat menerima diagnosis dokter, yang aku lakukan adalah diam, pegang tangan suami. Keluar ruang praktek sempat tanya juga, ‘Bisa enggak ya gue (mengurus anak)’, ‘Ada salah apa ya gue pas hamil?’” tuturnya Selasa, 14 Agustus 2018.

Ditemui Okezone di sebuah acara di kawasan Karet Semanggi, Jakarta Selata, perempuan yang akrab disapa Suci itu mengaku bila perjalanannya menuju penerimaan diri terkait kondisi anaknya cukup sulit. Namun ia terus berusaha berdamai dengan diri sendiri. Mulai dari berdoa kepada Tuhan hingga membaca buku tentang spiritual.

“Aku adalah orang yang takut akan Tuhan. Jadi ketika dalam kondisi itu berdoa setiap malam, seperti mengobrol. Aku ucapkan terima kasih, cari segala hal yang baik dalam hidup. Cari juga yang buruk, ternyata tidak ada dan di situlah mulai berdamai dengan diri sendiri,” paparnya.

agatha suci

Baca Juga: Bahaya Beri Bayi Air Putih Sebelum Usianya 6 Bulan, Bisa Keracunan Loh!

Waktu yang dibutuhkan Suci untuk bangkit lagi tidak begitu lama. Dirinya juga mencoba menerapkan ajaran yang diberikan oleh ibunya untuk menjalani hidup dengan kondisi anak-anaknya yang demikian.

“Ibu aku mengajarkan paling penting satu, kalau jadi orangtua kalau anaknya bermasalah, yang dibenerin ibunya dulu karena fondasi utama sebuah keluarga adalah ibu. Aku belajar dari ibu dan bersyukur sehingga keadaan menjadi lebih baik. Apapun yang dilakukan dengan sepenuh hati hasilnya akan baik,” ujar Suci.

Baca Juga: Cantiknya Threesyadinda, Atlet Panahan Indonesia di Asian Games 2018

Baginya jalan terbaik dalam kehidupan adalah menerima dan seimbang. Suci merasa bersyukur diberikan kesempatan oleh Tuhan menjadi orangtua yang berbeda. Dengan begitu dirinya juga memiliki empati yang lebih besar.

“Perjalanan dengan mereka (kedua anaknya) membuatku menjadi pribadi yang lebih baik. Aku bisa berdamai dengan diri sendiri dan bersikap terbuka. Sekarang aku selalu search hal-hal yang terbaik, apapun aku lakukan untuk kepentingan mereka,” pungkas Suci.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini