nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cintai Lingkungan dengan Terapkan Diet Plastik, Begini Caranya

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 19:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 15 196 1937084 cintai-lingkungan-dengan-terapkan-diet-plastik-begini-caranya-m0PpWhMohF.jpg Ilustrasi sedotan (Foto: Ecowatch)

SEMAKIN banyak sampah plastik, semakin membahayakan ekosistem lingkungan bumi. Sebut saja betapa semakin hari, lingkungan biota laut semakin tercemar karena banyaknya sampah plastik yang masuk ke laut, belum lagi sifat plastik yang tak bisa terurai dengan cepat dan mudah di dalam tanah. Pasti kita sudah cukup familiar bukan perihal bahaya sampah plastik ini?

Namun sayangnya, banyak dari kita yang masih dengan cuek menggunakan plastik sebanyak mungkin dalam berkegiatan sehari-hari. Mulai dari kantong plastik, wadah makan plastik, hingga sedotan plastik yang mana mungkin terlihat kecil namun semakin hari sampahnya semakin tertumpuk banyak.

Di lingkungan masyarakat luas, sekarang-sekarang ini mulai giat kembali akan gerakan diet plastik, gerakan menimalisasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi tentunya belum semua lapisan masyarakat paham bagaimana cara tepat namun sederhana, untuk menerapkan diet plastik demi mengurangi sampah plastik tersebut. Lalu seperti apa cara-cara sederhana diet plastik yang bisa diaplikasikan langsung di kehidupan sehari-hari? Menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya kepada Diah Bisono, penggiat lingkungan dari Yayasan Cinta Laut Indonesia.

BACA JUGA:

Bahaya Beri Bayi Air Putih Sebelum Usianya 6 Bulan, Bisa Keracunan Loh!

 

"Kalau aku sih berkaca dari diriku sebagai seorang traveler. Misalnya nih, saat naik gunung tidak meninggalkan sampah. Tidak membawa mi instan bungkusan, atau minuman kopi dalam kemasan sachet, perbekalan dimasukkan ke dalam wadah sendiri, jadi gak banyak sampah plastik yang dihasilkan. Kalau sehari-hari sih, contohnya bisa dengan membawa wadah kotak bekal makanan dan tumblr minuman sendiri dan yang pasti membiasakan diri membawa reusable bag untuk barang belanjaan kita," ungkap Diah saat ditemui Okezone, Rabu (15/8/2018) dalam acara bertajuk "Gerakan Indonesia Bersih-Jakarta Tanpa Sedotan" di bilangan Jakarta Pusat.

Diah melanjutkan, cara-cara yang ia sebutkan tadi sebenarnya sudah banyak diketahui orang pada umumnya. Kini, sebagai penggiat lingkungan ia sedang berupaya untuk menularkan kebiasaan "Refuse" atau menolak alias dengan kata lain mengatakan tidak untuk penggunaan sedotan plastik saat sedang makan-minum di luar rumah.

BACA JUGA:

 Kim Kardashian Nyaris Bugil Promosikan Sepatu Kanye West, Pose Tengkurap Saja Seksi Banget!

"Sekarang bukan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) lagi, tapi sudah ditambah dengan "Refuse" yaitu kebiasaan menolak, berani say no saat dikasih sedotan di restoran. Kita bilang ke petugas yang melayani, tidak perlu pesanan kita diberikan sedotan plastik karena kita sudah membawa sedotan pakai ulang (reusable straw) yang kita bawa sendiri dari rumah, atau sederhananya kalau memang tidak punya reusable straw. Tidak memakai sedotan sama sekali, langsung minum dari gelasnya juga enggak apa-apa," pungkas Diah sembari tersenyum.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini