nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Selamatkan Lingkungan dari Limbah Plastik

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 21:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 15 196 1937115 cara-sederhana-yang-bisa-kamu-lakukan-untuk-selamatkan-lingkungan-dari-limbah-plastik-i23NBTWp4e.jpg Lingkungan hidup (Foto: Theindependent)

SEBAGAI penduduk bumi, kita wajib yang namanya menjaga kelestarian lingkungan demi hajat hidup orang banyak dan kesejahteraan hidup anak-cucu kita. Salah satunya dengan berdiet plastik, atau dengan kata lain mengurangi pemakaian plastik dalam bentuk apapun dalam aktivitas sehari-hari.

Mulai dari wadah makanan dan minuman, kantung plastik saat berbelanja, hingga pemakaian sedotan plastik, yang mana sebagai salah satu upaya pengurangan peningkatan volume sampah plastik.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang sudah mulai melakukan sederet kebiasaan baik, seperti tidak lagi memakai kantung plastik saat berbelanja di supermarket atau minimarket, membawa sedotan pakai ulang (reusable straw) atau sesederhana membawa kotak bekal makanan dan minuman reusable sendiri di rumah. Akan semakin baik pastinya, jika kebiasaan baik ini tak dilakukan sendiri tapi juga ditularkan kepada orang-orang di sekitar, seperti keluarga dan teman-teman.

 BACA JUGA:

Cintai Lingkungan dengan Terapkan Diet Plastik, Begini Caranya

Namun, mengubah kebiasaan seseorang yang sudah terbentuk sejak lama bukanlah pekerjaan mudah. Lalu adakah cara mudah tanpa harus menggurui untuk bisa mengajak keluarga dan teman-teman terdekat untuk mulai bisa juga berdiet plastik? Berikut tips dari Diah Bisono, penggiat lingkungan dari Yayasan Cinta Laut Indonesia yang mungkin bisa dijadikan contoh.

 

"Ngajak temen dan keluarga untuk diet plastik itu gimana? Menurut saya, enggak ada cara paling sederhana selain menjadikan diri sendiri sebagai contoh. Kita kasih lihat langsung, misal lagi kumpul bawa sedotan reusable sendiri dari rumah, bawa tas belanja sendiri. Kembali lagi, kebiasaan orang itu berbeda-beda, jadi jangan menggurui dan tidak perlu marah. Lebih baik kita sendiri kasih contoh langsung kebiasaan baik berdiet plastik ini, secara konsisten," ujar Diah saat ditemui Okezone, Rabu (15/8/2018) di Jakarta Pusat.

Selain memberikan contoh langsung, Diah juga menyarankan untuk memanfaatkan platform media sosial yang mana sekarang sedang ramai ditunjang oleh tren gaya hidup "go green".

"Penggunaan sosial media juga pengaruh ya. Apalagi sekarang istilahnya "green lifestyle" pola hidup go green semakin seksi. Pengaruh para influencer, selebgram itu besar. Terlepas memang murni atau alasan apapun di belakangnya, selama pesan yang disampaikan itu positif ya oke-oke saja," imbuhnya.

Senada dengan cara yang diutarakan oleh Diah, aktris Ira Wibowo yang ditemui dalam kesempatan yang sama juga mengungkapkan hal serupa. Ia pribadi mengaku, ketimbang melarang atau menyarankan pengurangan penggunaan plastik, ia lebih suka menempatkan dirinya sendiri sebagai contoh.

"Biasanya aku kasih contoh langsung saja sih, kan takutnya jadi menggurui juga kalau larang-larang. Temen-temen yang lihat aku ke mana-mana bawa reusable straw misalnya deh, lama kelamaan mereka jadi sadar dan akhirnya penasaran sendiri terus nanya-nanya "eh itu apa sih, sedotan sendiri?" dan akhirnya jadi tahu sendiri kan. Balik lagi sih, kebiasaan masing-masing orang kan beda-beda ya," tambah Ira.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini