nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Alkohol Perlahan Hancurkan Gigi Anda, Masih Berani?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 15 481 1936836 minum-alkohol-perlahan-hancurkan-gigi-anda-masih-berani-TabaKV7265.jpg Beer (Mamamia)

MINUMAN beralkohol memang memiliki dua sisi mata uang. Di satu sisi, minuman ini memiliki manfaat postif, namun di sisi lain banyak juga pengaruh negatif dari minuman ini.

Salah satu yang mungkin luput dari perhatian Anda ada gigi Anda. Seorang dokter gigi, Dr Lewis Ehrlich pun menunjukkan efek minuman beralkohol pada gigi. Hasilnya? Cukup mengejutkan bagaimana alkohol dapat merusak gigi Anda.

 Baca juga: Cantik Saja Tidak Cukup, Begini Cara Sehat Merawat Kulit Wajah

Alkohol (Shutterstock)

Dr Ehrlich, yang bekerja di Sydney Holistic Dental Centre, menunjukkan efek air dan alkohol pada gigi. Mengunggah gambar permukaan luar gigi di Facebook-nya, Dr Ehrlich menunjukkan perbedaan mencolok antara alkohol dan air.

"Kami semua mendengar kerusakan gigi tetapi banyak yang belum mendengar erosi gigi," tulisnya seperti dilansir dari Metro.

Menurutnya, ketika asam dalam lambung bisa melarutkan gigi, zat yang paling sulit ditangkal dalam tubuh manusia. Ini akan terjadi ketika pH turun di bawah 5,5. Akibatnya, setidaknya 30% orang terpengaruh hingga batas tertentu.

 Baca juga: Kim Kardashian Nyaris Bugil Promosikan Sepatu Kanye West, Pose Tengkurap Saja Seksi Banget!

Selain itu, permukaan email yang terpapar dengan minuman beralkohol, akan memiliki pH 3,2, dan mengakibatkan gigi Anda memiliki lebih banyak lubang daripada keju Swiss. Jika mencapai PH 2.2, maka gigi Anda akan memiliki lebih banyak lubang.

 Gigi (Reuters)

"Anda hanya mendapatkan satu set gigi saat dewasa. Jika minuman ini dapat melarutkan bagian paling keras di tubuh Anda, itu menakutkan untuk berpikir apa yang akan mereka lakukan di dalam tubuh," tambah dia.

 Baca juga: Bahaya Beri Bayi Air Putih Sebelum Usianya 6 Bulan, Bisa Keracunan Loh!

Jika Anda lebih suka minum minuman ringan, bukan minuman keras, maka gigi Anda masih tidak akan bermasalah lebih besar. Memang, masih akan ada efek sampingnya.

"Tunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi, dan bukan ide yang buruk untuk mengonsumsi makanan sehat guna membantu menstimulasi air liur dan melindungi chompers," tutur dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini