nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Khasiat Ajaib Mentimun, Cegah Kanker Salah Satunya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 15 481 1936877 8-khasiat-ajaib-mentimun-cegah-kanker-salah-satunya-s04E8eU4Hp.jpg Jus mentimun kaya manfaat (Foto: Organictfact)

TIMUN merupakan salah satu jenis golongan buah yang paling sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Biasanya orang menggunakan timun sebagai bahan lalapan yang dicocol menggunakan sambal, sebagai teman yang menyegarkan dalam menyambut lauk pauk.

Namun, timun sebenarnya tak hanya dapat dilalap lho. Timun dapat diolah menjadi jus yang sangat menyegarkan sekaligus menyehatkan. Tentunya banyak manfaat positif yang bisa diambil dengan mengonsumsi jus timun.

Lantas apa saja manfaat yang terkandung dari buah timun? Menyadur dari Organic Facts, Rabu (15/8/2018), Okezone akan membahas mengenai lima manfaat positif yang bisa diambil dari mengonsumsi jus mentimun.

1. Mencegah Osteoporosis

Timun kaya akan mineral seperti tembaga, magnesium, dan potasium. Alhasil jus mentimun sangat baik bagi kesehatan tulang dan meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang. Hal ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan gangguan tulang terkait usia.

2. Meningkatkan Kekebalan Kadar Vitamin C

Jus mentimun menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mentimun dapat merangsang produksi sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan pertama tubuh, dan juga berperilaku sebagai antioksidan, mencari dan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

jus mentimun

3. Menyeimbangkan Tingkat Hormon Manusia

Mengalokasikan kalsium untuk kesehatan tulang dan darah merupakan penentu utama keseimbangan hormon Anda. Jika kelenjar tiroid atau kelenjar pituitari Anda mulai rusak, kadar kalsium yang tinggi dari jus ini dapat membantu menjaga kadar hormon normal.

4. Detoksifikasi Tubuh

Jus mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, buah ini dikenal sangat bagus untuk hidrasi. Dalam bentuk jus, terutama jika Anda menambahkan lebih banyak air untuk meningkatkan konsistensi, maka dipastikan bahwa tubuh Anda cukup terhidrasi sepanjang hari!

5. Mengobati Masalah Perdarahan

Jika Anda menderita masalah perdarahan, mulai dari hidung berdarah atau menstruasi berat hingga wasir dan gusi berdarah, Anda mungkin akan kekurangan vitamin K. Vitamin ini ditemukan dalam kadar yang sangat tinggi dalam jus mentimun. Jus mentimun dapat membantu memicu koagulasi di dalam tubuh dan mempercepat penyembuhan jaringan yang rusak.

6. Mencegah Kanker

Beberapa bahan aktif dan tanaman lignan yang ditemukan dalam ketimun telah langsung dikaitkan dengan efek anti-kanker. Mengonsumsi jus ini tidak hanya merupakan tindakan pencegahan yang efektif melawan kanker tetapi juga merupakan pengobatan tambahan yang baik untuk memperlambat penyebarannya.

jus mentimun

7. Menjaga Kesehatan Mata

Selain antioksidan yang terdapat di dalamnya, jus mentimun dapat membantu melindungi kesehatan penglihatan seiring bertambahnya usia. Degenerasi makula disebabkan oleh stres oksidatif di pusat retina, menyebabkan ketegangan pada penglihatan. Mengonsumsi jus mentimun dapat menghilangkan radikal bebas sebelum terjadi kerusakan serius.

8. Memperkuat Sistem Saraf

Kalsium berfungsi sebagai elektrolit dalam situasi tertentu dan memainkan peran kunci dalam komunikasi sistem saraf ke otot. Tingginya kadar vitamin dalam jus ini dapat meningkatkan aktivitas fisik Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini