Mulai MPASI, Sandra Dewi Beberkan Menu Makanan untuk Raphael Moeis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 15 481 1937045 mulai-mpasi-sandra-dewi-beberkan-menu-makanan-untuk-raphael-moeis-TsdJjNrC0y.jpg Sandra Dewi (Foto: @sandradewi88/Instagram)

SETELAH mendapatkan ASI eksklusif yang diberikan selama kurang lebih enam bulan, bayi pun memerlukan nutrisi tambahan. Tahap ini dikenal dengan istilah MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu. Pemilihan menu makanannya pun tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui agar tumbuh kembang si kecil menjadi lebih optimal. Hal tersebut sempat dijelaskan secara gamblang oleh dokter spesialis anak, dr. Margareta Komalasari, Sp.A.

Menurutnya, menu makanan yang diberikan selama masa MPASI harus seimbang, atau dalam hal ini memenuhi kaidah makro dan mikro nutrient.

"Angka stunting di Indonesia itu terbilang tinggi karena sejak zaman dahulu, bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan itu hanya diberi sayuran dan buah-buahan. Jadi nutrisi yang mereka butuhkan tidak terlengkapi," tutur Margareta di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebetulnya telah menegaskan bahwa, bayi yang berada pada masa MPASI harus mengonsumsi makanan yang mengandung 4 bintang.

Pertama, makanan yang diberikan harus mengandung karbohidrat seperti mi, pasta, atau kentang. Kedua, makanan juga harus mengandung protein hewani dan nabati. Ketiga, bayi harus mendapatkan asupan lemak yang bisa didapatkan dari olahan kaldu dan beberapa bumbu penyedap rasa seperti gula atau garam. Terakhir, makanan harus memiliki kandungan air (mineral) yang banyak.

"Menu makanan ini sebetulnya diadaptasi dari program 4 sehat 5 sempurna. Jangan takut memberikan gula atau garam agar rasa makanan tidak hambar. Jaman dulu, anak susah makan karena rasa makanannya yang cenderung hambar. Sekarang Anda bisa menambahkannya asal dalam batas yang wajar," kata Margareta.

sandra Dewi

Hal senada juga diakui oleh Sandra Dewi. Ibu satu orang anak itu sempat menceritakan menu makanan yang ia berikan kepada anaknya, Raphael Moeis yang sudah memasuki masa MPASI.

"Kalau untuk karbohidrat aku selalu kasih bubur. Nah, yang bikin aku keteteran itu, Rafa lebih suka makan daging daripada ikan. Sama seperti ibunya," tutur Sandra Dewi dihiasi gelak tawa.

"Tadi pagi sebelum aku kerja, aku sempat nemenin dia makan. Menunya ikan, bubur, sama brokoli. Kadang suka aku kasih kaldu ayam atau daging biar dia enggak bosan. Soalnya semakin besar dia tahu makanan yang enak atau enggak. Sekarang aja dia sudah ogah-ogahan makan ikan. Jadi harus pelan-pelan, sambil aku kasih tahu kalau makanan ini sehat," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini