nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Alasan Dasar Kenapa Anda Harus Minum Air Putih Seblum Konsumsi Teh atau Kopi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 04:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 15 481 1937174 4-alasan-dasar-kenapa-anda-harus-minum-air-putih-seblum-konsumsi-teh-atau-kopi-TGJLkXD5B0.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI sejumlah negara, teh dan kopi bukan hanya sekadar minuman pelepas dahaga, namun sudah menjadi tradisi. Dimulai dari bangun tidur hingga larut malam, dua minuman ini selalu dikonsumsi karena dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Namun tidak banyak yang mengetahui, kandungan asam yang terdapat pada teh dan kopi justru dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Untungnya ada cara ampuh untuk meminimalisir hal tersebut. Salah satunya adalah dengan meminum segelas air putih.

Dilansir Okezone dari Times of India, berikut 4 alasan Anda harus meminum segelas air putih sebelum mengonsumsi kopi atau teh.

Baca Juga: 10 Perempuan Terseksi di India, Lekuk Tubuhnya Nyaris Tanpa Cela

Melindungi gigi

Kopi dan teh mengandung zat kimia yang disebut tanin. Zat inilah yang sering merubah warna pada gigi Anda. SAat meminum kopi atau teh, zat tanin akan menciptakan lapisan pada gigi dan menyebabkan perubahan warna.

Minumlah segelas air 15 menit sebelum meminum kopi untuk menciptakan lapisan pelindung, dan mengurangi kemungkinan terjadinya perubahan warna.

Menghidrasi tubuh

Mengonsumsi teh atau kopi saat perut kosong dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk meminum segelas air mineral agar nutrisi di dalam tubuh terjaga, dan tubuh pun tetap terhidrasi.

Baca Juga: Seorang Pria Geram Disajikan Makanan Menjijikan oleh Maskapai ini, Begini Tampilannya!

Mengurangi tingkat keasaman

Sensasi terbakar yang sering Anda rasakan setelah meminum kopi disebabkan karena sifat asamnya. Nilai pH kopi dan teh masing-masing 5 dan 6. Sedangkan nilai pH air adalah 7 dan bersifat netral.

Meminum segelas air sebelum meminum kopi dan teh dapat membatasi produksi asam, sehingga dapat mencegah kerusakan pada lapisan lambung Anda.

Mencegah luka di lambung

Menurut para ahli, kopi atau teh yang diseduh terlalu lama cenderung memiliki tingkat asam yang lebih tinggi, dan dapat menyebabkan luka pada lambung. Untuk mencegahnya, minulah segelas air yang berfungsi mengencerkan kadar asam dan mencegah terjadinya ulkus (luka).

https://recipes.timesofindia.com/articles/health/why-you-should-drink-water-before-tea/coffee/is-a-glass-of-water-effective-enough/photostory/65401311.cms

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini