Share

7 Fakta Unik Orang Kidal yang Tak Diketahui Banyak Orang

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 16 196 1937184 7-fakta-unik-orang-kidal-yang-tak-diketahui-banyak-orang-1KtXlWRm60.jpg Ilustrasi. (Foto: Playbuzz)

ANDA mungkin sering melihat orang kidal, orang yang lebih sering menggunakan tangan kirinya dibanding tangan kanan. Namun tahukah Anda ada fakta-fakta tentang mereka yang belum diketahui banyak orang?

Di dunia ini, orang kidal diperkirakan hanya ada 15 persen dari populasi. Jika Anda termasuk orang kidal, berbanggalah karena fakta-fakta berikut, seperti yang Okezone lansir dari Goodhousekeeping, Kamis (16/8/2018):


15 persen dari populasi

Para ilmuwan tidak yakin mengapa orang kidal begitu langka. Namun mereka menduga bahwa banyak orang yang lahir kidal, kemudian seiring berjalannya waktu, mereka beralih lebih sering menggunakan tangan kanan.

Baca Juga: 10 Perempuan Terseksi di India, Lekuk Tubuhnya Nyaris Tanpa Cela

Punya hari spesial

Orang-orang kidal memiliki hari istimewanya sendiri. Setiap tanggal 13 Agustus diperingati sebagai Hari Kidal Internasional.


Banyak tokoh dunia yang kidal

Banyak dari tokoh terkenal dunia yang kidal. Termasuk Barack Obama, Oprah, Bill Gates, Angelina Jolie, hingga Justin Bieber.

Banyak dimiliki anggota keluarga Kerajaan Inggris

Kebiasaan menggunakan tangan kiri dalam kegiatan sehari-hari ini juga dimiliki oleh banyak anggota keluarga Kerajaan Inggris. Di antaranya adalah Ibu Suri (ibunda Ratu Elizabeth II), Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, dan Pangeran William. Pangeran George juga disebut dominan menggunakan tangan kirinya.

Baca Juga: Mengintip 6 Pulau Pribadi Milik Selebriti Hollywood yang Harganya Selangit

Bayi yang dilahirkan oleh ibu berusia di atas 40 tahun, kemungkinan besar kidal

Berdasarkan sebuah studi, bayi yang lahir dari seorang ibu berusia di atas 40 tahun lebih mungkin kidal. Studi ini diungkap oleh para peneliti di New England yang melibatkan 2.228 mahasiswa. Mereka yang lahir dari ibu berusia di atas 40 tahun memiliki tangan kidal dengan jumlah dua kali lebih besar dari yang lainnya.

Jari tangan kiri jadi alasan meletakkan cincin kawin

Menurut budaya Romawi Kuno, cincin kawin diletakkan di jari tangan kiri karena dipercaya bahwa "pembuluh darah kekasih" bisa dihubungkan oleh jari manis di tangan kiri ke jantung.

Berpotensi jadi atlet yang lebih baik

Menurut penelitian, orang yang kidal disebut berpotensi jadi atlet yang lebih baik. Bukan karena mereka lebih kuat atau lebih cepat. Tetapi orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan lebih sulit bereaksi terhadap gerakan yang mengarah ke kiri tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini