nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Jenis Kuntilanak Bermacam-macam, Mana yang Pernah Kamu Lihat?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 19:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 16 196 1937651 ternyata-jenis-kuntilanak-bermacam-macam-mana-yang-pernah-kamu-lihat-qXfv8NDElo.jpg Kuntilanak (Google)

APA yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar nama Kuntilanak? Sebagian orang tentu akan menjawab sesosok makhluk berwajah seram, berambut panjang, mengenakan pakaian putih, dan memiliki suara tertawa yang khas.

Berdasarkan data yang dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Kamis (16/8/2018), nama Kuntilanak sebetulnya diambil dari bahasa Melayu, Puntianak atau Pontianak. Hantu ini dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia, atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir.

Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata ada beberapa jenis kuntilanak yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari Kuntilanak Merah hingga Kuntilanak Durmo. Daripada penasaran, berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Akibat Telan Peluit Mainan, Seorang Anak Alami 'Batuk Bersiul'

Kuntilanak "Mba Dini"

Beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia sempat dihebohkan video penampakan kuntilanak yang bikin bulu kuduk merinding. Bukan hanya sekilas, penampakan sosok makhlus itu benar-benar terlihat dengan jelas. Pada awal video, terlihat seorang anak kecil yang sedang asyik bernyanyi. Namun tak selang berapa lama kemudian, ia terdengar memanggil-manggil nama seorang wanita.

"Mba dini, sini toh Mba Dini," ucapnya.

 

Tak selang berapa lama kemudian, tiba-tiba sesosok wanita berambut panjang mengenakan pakaian serba putih, terlihat memasuki pintu depan rumah. Video tersebut la, sejumlah netizen mengklaim bahwa wanita yang dipanggil bocah itu adalah penampakan kuntilanak bernama "Mba Dini".

Baca juga: Viral Pengantin Baru Boncengan Naik Motor, Duduknya di Depan pula!

Kuntilanak Merah

setan (ceritaceritahantu)

Sesuai dengan namanya, kuntilanak yang satu ini sering menampakkan diri dengan atribut serba merah, seperti kebaya atau baju terusan berwarna merah. Konon katanya, kemunculan kuntilanak merah ditandai bau amis yang sangat menyengat, lalu diiringi lengkengingan suara tertawa yang sangat keras. Kuntilanak merah juga sering disebut kuntilanak penebar teror karena ia sering menampakkan dirinya.

Kuntilanak yang suka ngikutin pria

Satu lagi mitos yang berkembang di tengah masyarakat, jika seorang pria mapan, rupawan, tapi belum mendapatkan jodoh, kemungkinan besar ia sedang ditempeli kuntilanak. Mitos ini pun terus berkembang. Banyak pasangan yang memiliki hubunnan tidak harmonis atau sering berkelahi, bisa jadi karena pasangan prianya disukai oleh sesosok kuntilanak.

Baca juga: Penampakan Putri Duyung di Puerto Rico Bikin Heboh Jagad Maya

Kuntilanak Durmo

Disebut demikian, karena kuntilank jenis ini akan datang jika seseorang melantunkan tembang lingsir wengi atau durmo saat sedang bercermin. Konon katanya, bagi mereka yang diberikan wangsit, kuntilnak ini bisa mengabulkan permintaan orang tersebut. Ada tapinya. Si kuntilanak akan meminta tumbal.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini