nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Indonesia, Ini Kuliner Khas Idul Adha dari Berbagai Negara

Fienca Amelia , Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 16 298 1937690 selain-indonesia-ini-kuliner-khas-idul-adha-dari-berbagai-negara-aF9WEC2gji.jpeg Kuliner Idul Adha khas Tagine (Foto: Mvslim)

IDUL Adha merupakan hari penting bagi umat Islam setelah Hari Raya Idul Fitri. Setiap tahunnya, umat Islam di seluruh dunia merayakan hari suci ini bersama keluarga dan teman. Semua Negara dengan mayoritas penduduk Islam pun memperingati pengorbanan yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim yang menyembelih anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail. Di Indonesia, biasanya makanan khas yang selalu disajikan di meja makan saat Idul Adha adalah rendang.

Tak hanya Indonesia, 4 negara ini pun memiliki makanan khas yang selalu tersaji saat Idul Adha. Okezone melansir dari Mvslim, inilah makanan khas Idul Adha di berbagai Negara.

1. India

Kalau berbicara tentang makanan india, pasti yang diingat adalah nasi Biryani. Makanan sederhana ini terbuat dari beras dengan bumbu rempah, sayuran dan daging domba. Makanan ini tidak hanya disajikan saat Idul Adha saja, tapi di perayaan lainnya seperti pernikahan. Nasi Biryani ini biasa dibuat dalam porsi besar. Selain nasi Biryani, ada juga Malpua.

Malpua merupakan makanan penutup khas India yang dibuat dengan adonan tepung, susu, dan kapulaga. Kue yang bentuknya menyerupai pancake ini dipanggang sampai krispi lalu disajikan dengan Rabri. Rabri adalah salah satu bahan utama untuk membuat makanan penutup khas India. Terbuat dari susu, gula, rempah, dan kacang.

Malpua

2. Maroko

Tagine merupakan makanan yang harus ada di setiap perayaan Idul Adha. Sayuran dan daging, ayam atau ikan yang dimasak perlahan di panci masak berbentuk segitiga yang disebut tagine. Makanan penutup satu ini juga wajib dihidangkan saat Idul Adha.

tagine

Mhanca adalah pastry tradisional yang diisi dengan almond dan air bunga jeruk.

mhanca

3. Turki

Banyak makanan khas Turki yang enak selain kebab dan baklava. Mungkin ini adalah hidangan terbaik dari Negara ini. Sac Kavurma adalah daging domba atau daging sapi yang dicampur dengan tomat dan paprika hijau dan dimasak di piring besi yang sangat tipis.

Baklava

Hidanan penutup yang wajib ada adalah Revani. Revani ini makanan penurup yang sangat sulit dibuat. Revani adalah kue semolina yang direndam di dalam sirup. Kue ini begitu manis dan enak.

revani

4. Lebanon

Tak lengkap rasanya kalau Idul Adha tidak ada makanan ini. Di Lebanon, Maamoul merupakan makanan wajib saat Idul Adha. Kue kering manis ini tak hanya ada di Lebanon, tapi di Jordan, Palestina, dan Syiria. Kue kering ini dibuat dengan campuran air mawar dan diisi dengan kurma, kenari atau pistacihio.

Maammoul

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini