Kebiasaan Tidur yang Buruk Bisa Bikin Seseorang Merasa Kesepian

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 16 481 1937245 kebiasaan-tidur-yang-buruk-bisa-bikin-seseorang-merasa-kesepian-Pp2NOJ1hFj.jpg Tidur (Foto: Dailmymail)

TIDUR yang cukup adalah salah satu kunci hidup sehat yang sangat utama. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang cukup. Asyik dengan media sosial hingga ketagihan menonton serial di aplikasi smartphone bisa menjadi salah satu alasannya. Padahal, kurang tidur dapat mengakibatkan banyak gangguan kesehatan fisik hingga mental.

Dilansir dari Metro, Kamis (16/8/2018), sebuah studi menunjukkan bahwa ketika Anda kurang tidur, Anda cenderung merasa kesepian. Jadi jika kebiasaan tidur Anda cukup buruk, Anda akan merasa kesepian atau terisolasi secara sosial.

Dalam studi ini, para peneliti mengumpulkan 18 orang dewasa sehat dengan usia antara 18 dan 24. Mereka kemudian diminta untuk mengerjakan tugas-tugas setelah memiliki tidur malam yang cukup. Hari selanjutnya, mereka diminta mengerjakan tugas setelah tidak tidur semalaman.

Tugas yang diberikan termasuk 'tugas jarak sosial', di mana peserta diminta memberitahu seseorang untuk 'berhenti' ketika mereka terlalu dekat. Dari penelitian ini terlihat bahwa ketika mereka kurang tidur, jarak sosial yang dibuat seseorang lebih besar. Sedangkan saat mereka memiliki tidur malam yang cukup, mereka nyaman dengan orang-orang yang mendekati mereka, antara 13 persen sampai 18 persen.

Dilanjutkan dengan scan otak, peneliti menemukan bahwa ketika seseorang kurang tidur, mereka akan menganggap orang lain sebagai ancaman. Artinya ketika lelah, Anda lebih mungkin mengisolasi diri dan mencurigai orang.

Penelitian kemudian dilihat apakah berlaku di dunia nyata. Para peneliti pun meminta 140 orang untuk melacak tidur mereka selama dua malam. Hasilnya, mereka yang memiliki kualitas tidur buruk melaporkan peningkatan perasaan kesepian di hari berikutnya.

Semakin Anda lelah, semakin Anda merasa kesepian. Kemudian Anda akan menjaga diri terisolasi dari yang lain karena rasa lelah itu. Hal ini lah yang kemudian membuat Anda merasa lebih kesepian. Siklus ini pun bisa menjadi mengerikan bagi mental dan fisik jika kebiasaan tidur Anda tidak diperbaiki.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini