Waspadai Adanya Lubang Kecil pada Telinga Anak, Bisa Jadi Penyakit Langka Berbahaya!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 16 481 1937363 waspadai-adanya-lubang-kecil-pada-telinga-anak-bisa-jadi-penyakit-langka-berbahaya-yiKrMBAzN7.jpg Ilustrasi Telinga. (Foto: Metro)

PUTRA dari pasangan Anji dan Wina, Saga Omar Nagata, belum lama ini membagikan ceritanya di salah satu unggahan Instagram tentang sakit yang tengah dialami. Lewat keterangan foto yang ditulis, Saga mengungkap ternyata dia mengidap infeksi pada telinga, yang disebabkan oleh lubang kecil pada telinga kirinya.

Lubang kecil yang sudah ada sejak Saga lahir ke bumi ternyata merupakan sebuah kondisi cukup langka yang tidak semua orang memilikinya, disebut preauricular sinus. Akibat dari lubang kecil itu, kotoran dari luar telinga jadi mudah masuk dan membuatnya kesakitan.

Jika Anda amati, tentu pernah beberapa kali menjumpai orang dengan lubang kecil seperti tusukan jarum di sisi atas samping daun telinga. Nah, itulah preauricular sinus yang merupakan penyakit telinga eksternal bawaan umum sejak lahir, persis seperti yang Saga alami.

Baca Juga: Bersetubuh dengan 20 Hantu, Perempuan Ini Hamil Anak Setan!

 

Dilansir Okezone dari laman resmi PMC US National Library of Medicine, National Institues of Health, Kamis (16/8/2018), keluhan yang sering muncul akibat lubang yang belum diketahui penyebab kehadirannya ini, biasanya membuat pembengkakan preauricular dan sakit telinga berulang yang mengeluarkan kotoran telinga.

Pasiennya sendiri, biasanya mulai terlihat pada anak-anak yang kemungkinan mengalami eksisi bedah cukup besar yaitu 81 persen. Lubang yang ada pada telinga Saga tersebut, rentan terhadap infeksi yang menyebabkan abses sinus preauricular, terutama yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus, strepcoccus, dan preteus.

Saat sudah terinfeksi, telinga akan iritasi, mengeluarkan cairan, nyeri, dan ketika ostium sinus tersumbat nanah hingga terkumpul maka dapat menyebabkan pembentukan abses.

Baca Juga: Hewan dan Tanaman Aneh yang Tertangkap Kamera, Bentuknya Seperti di Film Horor

Hal yang lebih fatal lagi jika penyakit ini dibiarkan saat sudah terinfeksi, maka infeksi bisa menyebar ke struktur yang berdekatan, seperti pinna, sendi temporomandibular, dan kanal auditor eksternal. Tidak cukup sampai di situ saja, sebab pengidap juga bisa mengalami gangguan pendengaran atau masalah ginjal.

Infeksi sinus preauricular bisa disembuhkan dengan pemeriksaan telinga rutin. Tapi, keterbatasan pengetahuan dokter, diagnosis, dan perawatan hingga sikap acuh pasien bisa memberikan hambatan dalam mendiagnosis dan menghilangkan infeksi. Pada kasus lainnya, abses sinus preauricular sering dianggap oleh dokter dan pasien adalah jerawat atau komedo.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini