nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

'Gen Zombie' pada Gajah Harapan Baru Ciptakan Obat Kanker

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 13:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 16 481 1937381 gen-zombie-pada-gajah-harapan-baru-ciptakan-obat-kanker-roZ6FrvOPP.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

KEMAJUAN dalam dunia kesehatan memang telah menjadi fokus utama bagi setiap manusia. Banyak hal-hal baru yang berhasil dikembangkan dengan adanya teknologi baru tersebut.

Tentunya kemajuan di bidang kesehatan tersebut memiliki dampak positif bagi manusia. Berbagai obat maupun vaksin berhasil diciptakan untuk menangkal berbagai penyakit berbahaya yang ada.

Baru-baru ini sebuah gen zombie misterius berhasil ditemukan di dalam seekor gajah. Gen ini secara dramatis dapat mengurangi peluang mereka mengalami kanker. Para ahli percaya bahwa memproduksi obat meniru gen ini dapat dijadikan sebagai salah satu terobosan dalam pencegahan kanker pada manusia.

Gen ini dikenal sebagai LIF6 dan fungsi utamanya adalah menargetkan sel-sel abnormal yang telah menjadi kanker dan mengeluarkannya. Sementara gen LIF6 yang sudah mati, tidak akan berfungsi pada mamalia lain.

Para pachyderms perintis tampaknya telah membawa gen ini kembali dari kematian dan mampu menggunakannya untuk menjadi 'kebal' terhadap kanker.

Baca Juga: Viral Video Pria Telanjang Nekat Buka Pintu Kabah

Peneliti Dr Vincent Lynch, dari Universitas Chicago, AS, mengatakan bahwa gajah mengalami kanker yang jauh lebih sedikit daripada yang kami harapkan berdasarkan ukuran mereka.

“Kami ingin memahami dasar genetik untuk resistensi kanker ini. Kami menemukan bahwa gajah dan kerabat mereka memiliki banyak salinan gen LIF yang tidak berfungsi, tetapi gajah itu sendiri berevolusi dengan cara mengubah salah satu salinan ini,” tegas Dr Vincent Lynch, menyadur dari Metro, Kamis (16/8/2018).

gajah

Dalam percobaan di laboratorium, para peneliti menemukan bahwa ketika sel-sel gajah menderita kerusakan DNA yang memicu kanker, maka mereka "baru saja mati".

Baca Juga: Bangga dengan Kehidupan Seksnya, 6 Selebriti Ini Senang Umbar Pengalaman Bercinta

Alasannya ternyata LIF6 adalah salah satu dari beberapa salinan gen faktor penghambat leukemia (LIF). Ketika aktivitas LIF6 diblokir, sel yang rusak bertahan hidup dan akhirnya berubah menjadi kanker. Ketika gen itu diperkenalkan pada hewan yang biasanya kekurangan gen seperti tikus, mereka juga menjadi tahan kanker.

LIF6 menghasilkan protein yang mengebor lubang di mitokondria (sel pembangkit listrik penting) yang menyebabkan sel-sel yang rusak untuk menjalani bentuk bunuh diri terprogram yang disebut apoptosis.

Gen yang mati ini hidup kembali. Ketika diubah oleh DNA yang rusak. Ia membunuh sel itu, dengan cepat. 'Para ilmuwan sekarang ingin menerapkan kemampuan gajah untuk melawan kanker terhadap biologi manusia.

“Mungkin kita bisa menemukan cara mengembangkan obat yang meniru perilaku LIF6 gajah atau mendapatkan sel kanker untuk mengaktifkan salinan gen LIF zombie yang ada,” tambah Dr Lynch.

Gajah bukan satu-satunya binatang yang berevolusi menjadi kebal kanker. Spesies lain termasuk paus, kelelawar, dan tikus tanah terlindungi terhadap kanker meskipun tidak memiliki LIF6. Ini menunjukkan bahwa ada banyak cara hewan untuk memerangi kanker.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini