nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerap Sakit Kepala Usai Menangis? Ternyata Ini Penyebabnya

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 16 481 1937423 kerap-sakit-kepala-usai-menangis-ternyata-ini-penyebabnya-QFF18TlQKZ.jpg Sakit Kepala usai menangis (Foto:Ist)

SEMUA orang pasti pernah menangis. Menangis adalah respons alami jika Anda sedang mengalami emosi yang kuat entah itu karena bersedih, marah, ataupun terharu. Bukan hanya menyebabkan mata bengkak, ternyata menangis juga dapat menyebabkan sakit kepala terlebih lagi jika Anda menangis dalam waktu yang lama.

Pernahkah Anda merasakan sakit kepala setelah menangis? Para peneliti tidak sepenuhnya yakin tentang apa yang menyebabkan sakit kepala setelah menangis, tetapi dapat diobati seperti sakit kepala lainnya yang dialami.

Sakit kepala yang dialami setelah menangis bisa jadi terjadi karena dua hal. Namun sakit kepala tidak disebabkan secara langsung dari menangis itu sendiri. Tapi turunan dari dampak menangis itu. Saat menangis, biasanya akan menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Dari dehidrasi inilah yang menyebabkan sakit kepala.

Move On dari Pose Bayi Jerapah Kini Ada Pose Jongkok Seksi

Jika Anda merasakan pening, sangat haus, dan mengalami mulut kering, ini mungkin menjadi gejala umum dehidrasi. Parahnya, dehidrasi juga dapat menyebabkan kontraksi otot, tekanan darah rendah dan juga kembung.

Ini pun kemungkinannya masih jauh lebih kecil daripada sakit kepala yang disebabkan oleh stres, kecemasan, dan ketegangan. Ini lah situasi yang menjadi alasan menangis.

 HUT ke-73 RI, Bendera Raksasa Akan Dikibarkan di Buntu Burake Toraja

Jika Anda mengalami penyakit sinus, menangis dapat mengiritasi sinus dan hal tersebut juga dapat mengakibatkan nyeri dan berdenyut di area sekitar mata. Anda juga mungkin merasakan tekanan di sekitar dahi atau di sisi belakang kepala.

Salah satu cara untuk mencegah sakit kepala setelah menangis adalah menghindari dehidrasi. Minumlah banyak air setelah menangis untuk mengganti cairan yang hilang. Hindari juga meminum alkohol disaat menangis karena itu dapat menyebabkan dehidrasi dan sakit kepala lebih lanjut.

Jika Anda  mengalami sakit kepala setelah menangis, minumlah obat penghilang rasa sakit dengan segelas air. Tapi, jika  cukup sering mengalami sakit kepala setelah menangis sebaiknya memeriksakan diri ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan medis berikut obatnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini