nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ubur-Ubur Itu Makanan Sehat, Ini 6 Manfaat Jika Rajin Mengonsumsinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 18:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 16 481 1937424 ubur-ubur-itu-makanan-sehat-ini-6-manfaat-jika-rajin-mengonsumsinya-iXXTiieTPw.jpg Ubur-ubur (Foto: Tasty Eating)

SEBAGIAN negara di belahan dunia ini memang memiliki kebiasaan yang unik dengan mengonsumsi ubur-ubur. Mungkin orang Indonesia masih sedikit tabu untuk mengonsumsi hewan lunak yang satu ini. Orang biasanya lebih suka mengonsumsi hewan laut seperti kerang, udang ataupun cumi.

Namun di beberapa bagian negara, mereka sangat suka mengonsumsi hewan yang satu ini. Salah satu alasan mengapa mereka gemar mengonsumsi hewan yang satu ini karena kandungan nutrisi yang ada dalam ubur-ubur. Bahkan dengan mengonsumsi ubur-ubur, maka dapat memiliki efek yang sangat positif bagi tubuh.

Lantas apa saja keuntungan yang diperoleh manusia jika sering mengonsumsi ubur-ubur? Menyadur dari Dr Health Benefits, Kamis (16/8/2018), Okezone akan merangkumnya satu per satu.

 (Baca Juga: Kanye West Pengin "Nyobain" Seluruh Adik Kim Kardashian, Fantasi Berlebihan atau Normal?)

Sebagai menu makanan sempurna untuk diet

Ubur-ubur sangat rendah kalori dan hanya mengandung sedikit karbohidrat. Alhasil ini akan menjadi pilihan sempurna untuk makanan penurun berat badan. Selain itu, ubur-ubur adalah sumber protein yang sangat baik untuk membantu Anda menjaga otot yang sehat selama diet. Sementara asam amino membantu menjaga kelangsungan regenerasi sel.

 

Bagus untuk kesehatan daya ingat

Ubur-ubur adalah jenis makanan laut yang baik untuk memori karena protein pengikat kalsium yang terkandung dalam makhluk laut kecil luar biasa ini. Biasanya, jenis protein ini diproduksi oleh otak manusia meski jumlahnya akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Namun, Anda bisa mendapatkan nutrisi ini hanya dengan mengonsumsi ubur-ubur.

Mengurangi Risiko Penyakit Otak

Seperti disebutkan pada poin sebelumnya, kandungan protein pengikat kalsium yang ditemukan pada ubur-ubur juga baik untuk mengurangi risiko beberapa penyakit otak. Penyakit ini berkaitan dengan penuaan dan juga beberapa kondisi yang fatal seperti Alzheimer dan demensia.

Regenerasi sel otak dan saraf

Tidak hanya bagus untuk otak, kandungan protein pengikat kalsium juga baik untuk melawan segala macam penuaan yang berkaitan dengan penurunan kognitif karena di otak ada sistem saraf yang harus dijaga. Mengonsumsi ubur-ubur akan membantu mengoptimalkan regenerasi sel di otak termasuk sistem saraf.

 

Membuat Anda Awet Muda

Ubur-ubur adalah salah satu makhluk abadi karena kemampuannya untuk memperbaiki dirinya sendiri. Nah, makan ubur-ubur tidak akan membuat Anda abadi tetapi setidaknya makan ubur-ubur bisa membantu Anda memperlambat proses penuaan.

 (Baca Juga: 10 Perempuan Terseksi di India, Lekuk Tubuhnya Nyaris Tanpa Cela)

Sumber Kolagen

Alasan mengapa ubur-ubur bisa membuat diri Anda awet muda adalah karena kandungan kolagen yang ditemukan di ubur-ubur. Biasanya, tubuh manusia memproduksi kolagen sendiri melalui proses metabolisme. Namun, hanya dengan mengonsumsi ubur-ubur, Anda bisa menikmati kolagen dengan benar secara langsung dari piring makan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini