nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akibat Telan Peluit Mainan, Seorang Anak Alami 'Batuk Bersiul'

Fienca Amelia , Jurnalis · Kamis 16 Agustus 2018 18:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 16 481 1937433 akibat-telan-peluit-mainan-seorang-anak-alami-batuk-bersiul-AUnHU0vdP9.jpg Peluit Mainan (Foto: Oddity Central)

SEBAGAI orangtua, sudah menjadi kewajiban untuk menjaga sang anak dari sesuatu yang bisa membahayakan keselamatan sang anak. Orangtua harus mengawasi anak ketika sedang bermain. Kalau tidak inilah yang akan terjadi. Baru-baru ini, para dokter dari Institut Ilmu Kedokteran Seluruh India di New Delhi India mendokumentasikan kasus aneh seorang bocah berusia 4 tahun dengan "batuk melengking" yang misterius. Video ini pun menjadi viral di media sosial.

Ditulis dalam New England Journal of Medicine yang bergengsi, Dokter Suresh C. Sharma melaporkan bahwa, orangtua bocah itu telah membawanya ke klinik rawat jalan otorhinolaryngology setelah menyadari sesuatu yang aneh tentang batuknya. Selama beberapa hari terakhir, putra mereka yang berusia 4 tahun membuat suara melengking seperti siulan setiap kali dia batuk. Padahal dia tidak memiliki riwayat atau gejala infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas, dan dalam keadaan sehat. Tetapi selama pemeriksaan fisik, dokter benar-benar melihat sesuatu di paru-paru kiri tengah dan bawah.

Okezone melansir dari OddityCentral pada Rabu (15/8/2015), Orangtua anak itu mengatakan kepada para dokter bahwa, dia sedang bermain dengan peluit kecil sebelum batuk aneh terjadi, tetapi rontgen dada tidak secara pasti mengungkap benda asing apa pun. Namun, Dr. Sharma dan timnya memerhatikan perangkap udara pada radiografi ekspirasi, yang memang menunjukkan adanya benda asing di dalam bronkus, karena udara bisa masuk ke sekitar objek, tetapi tidak dapat dihembuskan dengan baik.

Mengingat kemungkinan benda asing terjebak di paru-paru anak laki-laki, bronkoskopi kaku dilakukan. Dan Anda bisa tebak apa itu? Kalau Anda mengira benda itu adalah peluit, Anda benar. Peluit kecil yang disebutkan oleh orangtua bocah itu menghalangi bronkus segmental kiri, saluran udara yang mengudara ke paru-paru.

Benda asing yang bersarang di saluran udara orang cukup umum, tetapi kasus ini dianggap luar biasa karena batuk melengking yang dihasilkan oleh peluit yang dihirup. Untuk alasan ini, kasus itu diterbitkan di New England Journal of Medicine sebagai kisah peringatan bagi orangtua yang memiliki anak kecil untuk selalu mengawasi sang anak dan sebagai pembelajaran bagi para profesional medis.

Peluit itu berhasil diambil secara hati-hati dan rontgen dada yang dilakukan setelahnya mengungkapkan bahwa hiperinflasi paru kiri telah teratasi. Kasus ini sangat mirip dengan tahun lalu, ketika seorang bocah laki-laki Argentina berusia 8 tahun menjadi viral karena membuat suara siulan setiap kali dia menghirup, setelah tanpa sengaja menelan mainan pesta siulan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini