nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Heroik Anggota TNI, Panjat Tiang Demi Selamatkan Tali Bendera Putus

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 17 Agustus 2018 17:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 17 196 1937980 aksi-heroik-anggota-tni-panjat-tiang-demi-selamatkan-tali-bendera-putus-yOWJVhdhW6.jpg Bendera (Koran Sindo)

SEMUA peserta tentu ingin upacara bendera berjalan dengan lancar dan khidmat. Namun biasanya ada saja kejadian di luar dugaan. Mulai dari peserta atau petugas yang pingsan hingga kesalahan tertentu. Biasanya saat-saat yang paling mendebarkan adalah sewaktu prosesi pengibaran bendera.

Alasannya karena banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Sebut saja seperti kesalahan pergerakan formasi, penarikan bendera yang terkendala karena tali terbelit, hingga posisi bendera yang terbalik. Bahkan yang paling mengejutkan adalah bila tali pengait bendera lepas. Tentu kondisi itu membuat prosesi pengibaran bendera tidak bisa dilakukan.

 Baca juga: Lomba 17-an dengan Kearifan Lokal Ini Bikin Kamu Kangen Kampung Halaman!

Hal inilah yang dialami oleh pasukan pengibar bendera di Lapangan Barepan, Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dikutip Okezone dari akun Instagram @kabarklaten, Jumat (17/8/2018), insiden terlepasnya tali pengait bendera berhasil diatasi oleh seorang prajurit TNI. Dalam video tersebut terlihat sang prajurit nekat memanjat tiang bendera tanpa pengaman untuk mengambil tali yang berada di atas.

 Baca juga: Alamak, Artis Tania Putri Kuat Menari Kiki Challenge saat Pembukaan 4!

TNI Viral (IG)

Sementara pasukan pengibar yang siap menarik bendera tetap menunggu di bawah tiang sambil membentangkan bendera merah putih. Setelah berhasil mendapatkan tali yang terlepas, prajurit TNI itu kemudian turun sambil membawa tali. Sesampainya di bawah, tali tersebut kemudian di kaitkan ke bendera. Dengan begitu prosesi pengibaran bendera merah putih dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 bisa kembali dilanjutkan.

Baca juga:  Cantiknya Para Srikandi di Kabinet Kerja, dari Susi Pudjiastuti hingga Sri Mulyani

Aksi prajurit tersebut juga cukup mendapatkan banyak pujian setelah video tersebut diunggah kembali oleh akun gosip @makrumpita. "Wuihh hebat.. demi bendera tetap berkibar. 😄 lebih hebat lagi bapaknya naik tiang bendera setipis itu bisa. Brarti klo lomba panjat pinang pasti juara niy.. ," tulis akun @marlena0986.

Ada pula yang berkomentar, "odhotdevy Terharu, bukti nyata klu kita cinta tanah air qt. Salut saya sama pengorbanan anda. #mbrebesmili." Sementara itu, diketahui peristiwa yang sama juga terjadi di Atambua, Nusa Tenggara Timur. Bahkan yang nekat memanjat tiang bendera adalah anak SMP.

A post shared by kabar klaten (@kabarklaten) on

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini