nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari Edelweis hingga Anggrek Hitam, Inilah Deretan Bunga Asli Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 17 406 1938062 dari-edelweis-hingga-anggrek-hitam-inilah-deretan-bunga-asli-indonesia-R6GfthW4CM.jpg Anggrek hitam bunga asli Indonesia (Foto:Ist)

 

SEBAGAI negara tropis, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat berlimpah. Hal ini ditandai dari keragaman flora negara kita yang tidak dimiliki negara lain.

Salah satu kekayaan flora Indonesia adalah berbagai jenis bunga hias nan cantik dan eksotis. Dikutip Okezone dari berbagai sumber, berikut 4 jenis bunga hias asli Indonesia dengan keunikannya masing-masing.

Bunga Edelweis

 

Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung tentu sudah familiar dengan bunga yang satu ini. Bunga Edelweis atau bunga abadi merupakan salah satu tanaman endemik asal Indonesia yang biasanya tumbuh subur di tanah vulkanik muda atau di daerah pegunungan. Beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia sempat mengeluarkan larangan untuk memetik bunga edelwies karena tanaman tersebut kini termasuk dalam jenis tanaman langka.

 

Bunga Rafflesia Arnoldi

 

Apa yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar bunga Rafflesia Arnoldi? Sebagian orang mungkin akan mengingat bunga bangkai. Tapi jangan salah, bunga Rafflesia Arnoldi sebetulnya tidak sama dengan bunga bangkai. Menurut sejarahnya, bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan pertama kali oleh Dr. Joseph Arnold pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkul, Sumatera. Namanya sendiri diambil dari gabungan dua nama orang yang menemukan yakni, Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles. Bunga ini digadang-gadang sebagai bunga berukuran terbesar di dunia, dan sudah sangat sulit ditemukan.

Anggrek Hitam

Spesies anggrek ini umumnya tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera. Anggrek hitam memiliki nama latin Coelogyne pandurata. Dinamakan anggrek hitam karena memiliki lidah yang berwarna hitam, dan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Selain warnanya yang eksotis, bunga ini juga memiliki aroma yang sangat harum. Sayangnya, populasi anggrek hitam sudah semakin menurun seiring penyempitan luas hutan di kawasan Kalimantan. Tapi bagi Anda yang ingin melihat secara langsung, anggrek hitam masih bisa dijumpai di cagar alam Kersik Luway.

Dadap Merah

 

Dadap atau cangkring adalah sejenis pohon anggota suku Fabacea. Tanaman ini sering digunakan sebagai pagar hidup dan peneduh di depan rumah. Dadap memiliki bunga berwarna merah yang cantik dan sering menjadi tempat persinggahan burung-burung liar.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini