nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tradisi ini Cuma Bisa Anda Temukan di Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 00:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 17 406 1938083 5-tradisi-ini-cuma-bisa-anda-temukan-di-indonesia-r9CzGhZzDn.jpg Tradisi membuat mumi Foto:Antara)

INDONESIA selain memiliki kekayaan dan pemandangan alam yang indah, juga kaya akan keberagaman budaya yang tersebar di seluruh daerah di Tanah Air. Berbagai tradisi maupun ritual adat pun menjadi ciri khas masing-masing daerah dalam merayakan momen spesial seperti pernikahan, kelahiran, hingga saat sedang berduka.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber,  berikut 5 tradisi unik yang bisa Anda temukan di Indonesia. Salah satunya tradisi memotong jari yang dilakukan Suku Dani di Papua.

Membuat Mumi

Suku Dani di Papua ternyata memiliki tradisi mumi seperti yang dilakukan oleh masyarakat Toraja. Suku Dani dikenal bisa mengawetkan mayat tanpa dibalut. Mumi di Papua hanya dijemur dan disimpan di dalam gua. Dikutip dari laman boombastis.com, salah satu mumi paling tua di tempat itu berusia 300 tahun.

Mumi bernama Wim Motok Mabel itu ditempatkan di pilamo atau rumah laki-laki. Mumi Suku Dani ini berwarna hitam dengan posisi badannya duduk dan kepala mendongak ke atas. Mumi ini bisa dikeluarkan dari rumah jika ada wisatawan yang ingin melihatnya.

 

Tradisi Potong Jari

Selain membuat mumi, Suku Dani juga memiliki tradisi unik dalam menunjukkan rasa duka cita. Mereka tidak akan menangis atau melantunkan doa sebagaimana dilakukan orang berkabung, namun orang Suku Dani akan memotong jari mereka sebagai perwujudan rasa sakit lantaran telah ditinggalkan kerabat atau familinya.

Pemotongan jari atau dikenal dengan istilah ikipalin itu dapat dilakukan dengan memotongnya menggunakan benda tajam ataupun digigit hingga putus.

 

Suku Dani menganggap jari sebagai simbol dari keluarga atau kekerabatan. Sehingga, bila ada anggota keluarga meninggal dunia, maka perwujudan belasungkawa itu bisa dilakukan dengan memotong ruas jari.

 

Pesta Batu Bakar

Masih dari daerah Papua, provinsi paling timur Indonesia memiliki upacara tradisional yang menarik yakni, Pesta Bakar Batu. Ini merupakan ritual tradisional masyarakat Papua yang berfungsi sebagai ucapan syukur atas berkah. Upacara ini dilakukan saat pernikahan, penyambutan tamu istimewa, upacara kematian, dan bukti perdamaian antar suka.

Pesta Bakar Batu biasanya dilakukan suku di Lembah Baliem yang memasak dan mengolah makanan dengan cara membakar batu. Saat pesta bakar batu dilaksanakan, terlihat jelas solidaritas dan kebersamaan antar masyarakat Papua, sehingga kerap dijadikan ajang kumpul warga.

 

Bambu Gila

Bambu Gila merupakan sebuah tarian yang mengandung unsur mistis dan menggunakan kemenyan. Sebanyak tujuh pria kuat bertarung melawan sebatang bambu dengan panjang sekira 2,5 meter dan berdiameter 8 cm. Ini merupakan pemandangan menarik. Saat menyaksikannya Anda akan merasakan pengalaman supranatural yang mungkin jarang atau belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

 

Tarian ini juga dikenal dengan nama Buluh (bambu) Gila atau Bara Suwen. Pertunjukan ini bisa ditemui di dua desa, yaitu Desa Liang, Kecamatan Salahatu, dan Desa Mamala, kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Di Provinsi Maluku Utara, atraksi ini dapat dijumpai di beberapa daerah di Kota Ternate dan sekitarnya.

 

Ojung

Meski sering turun hujan, masih ada juga daerah-daerah di Indonesia yang sesekali dilanda kemarau. Karena itu, tumbuh tradisi meminta hujan, salah satunya tradisi Ojung di Bondowoso, Jawa Timur.

 

Tradisi warga Desa Klabang, Bondowoso, Jawa Timur, ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari kekeringan musim kemarau. Selain pagelaran tarian Topeng Kuna dan Rontek Singo Wulung, dalam tradisi itu juga digelar pertandingan saling pukul menggunakan sebatang rotan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini