Share

Eksistensi Batik di Mata Pemimpin Dunia, Nelson Mandela dan Putin Jatuh Cinta pada Kain Ini!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 18 194 1938131 eksistensi-batik-di-mata-pemimpin-dunia-nelson-mandela-dan-putin-jatuh-cinta-pada-kain-ini-gLRuiHZ2rZ.jpg Nelson Mandela mengenakan batik (Foto: IB Times)

BATIK menjadi salah satu kain wastra terbaik yang dimiliki Indonesia. Setiap wilayah di negara ini memiliki batik dengan kearifan lokalnya.

Dengan fakta tersebut, sangat mungkin jika akhirnya jika ditanya mana batik yang paling baik, warga Indonesia bingung menjawabnya. Sebab, dari batik yang tercipta di setiap wilayah tersebut, punya kisah sendiri yang mana itu juga yang membuat batik semakin kaya.

Nah, keindahan batik ternyata dilirik pemimpin dunia. Dua sosok ini diketahui pernah mengenakan batik dan mereka pun jatuh cinta dengan keindahan kain yang sangat khas dengan Indonesia tersebut.

Dua pemimpin tersebut adalah Nelson Mandela dan Putin. Momen keduanya mengenakan batik pun dicatat sejarah sebagai sesuatu yang tidak akan bisa dihilangkan.

putin

Momen Vladimir Putin mengenakan batik adalah saat dia mengunjungi Indonesia pada 2013. Di mana, kala itu diselenggarakan Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) di Bali. Pada sesi foto bersama, tampak Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono berada di posisi paling tengah bersamaan dengan kepala negara lain.

Nah, dilihat dari foto tersebut, ternyata Vladimir Putin mengenakan kemeja yang terbuat dari kain tenun endek Bali berwarna hijau.

Nelson Mandela

Sementara itu, di momen yang sama, Mantan Presiden Nelson Mandela pun terlihat mengenakan batik.

Selain di event APEC, Nelson Mandela banyak dikaitkan dengan batik. Jadi, saat dia mengunjungi Indonesia, sudah bisa dipastikan dia akan mengenakan batik dan motif kemeja batik yang dia kenakan pun selalu punya sejarah di belakangnya.

Tuh, pemimpin negara lain saja sangat mencintai batik, so, alasan apa lagi yang membuat Anda tidak bisa menyukai batik?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini