nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Memang Unik! Pekerjaan-Pekerjaan Ini Cuma Ada di Indonesia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 10:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 18 196 1938331 indonesia-memang-unik-pekerjaan-pekerjaan-ini-cuma-ada-di-indonesia-PXwR9D0F0F.jpg Perkiraan Cuaca (Foto: Istimewa)

INDONESIA memang memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan negara lain di dunia. Tak hanya adat, suku, budaya, makanan dan keanekaragaman hayati, namun beberapa pekerjaan pun memiliki ciri khas tersendiri.

Ya, memang terdapat banyak profesi yang dilakoni manusia di seluruh dunia. Namun beberapa pekerjaan unik ini, tidak akan Anda temui di negara lain selain Indonesia. Entah kreatifitas yang terlalu tinggi, atau tuntutan hidup yang semakin berat yang membuat mereka memutar otak untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Lantas apa saja pekerjaan unik yang hanya bisa Anda temui di Indonesia? Dalam artikel ini Okezone akan membahasnya. Penasaran? Yuk disimak.

1.Pak Ogah

Mungkin Anda akan sangat farmiliar dengan nama pekerjaan ini ketika menonton serial si unyil. Pekerjaan yang identik dengan slogan “Cepe dulu dong” ini sangat mudah dijumpai di mana saja. Anda hanya cukup mencari jalan yang ramai dan semrawut untuk menemukan kehadiran pak ogah. Anda juga bisa menjumpai pak ogah pada pertigaan atau perempatan jalan.

2.Pawang hujan

Kadang kali cuaca hujan memang sangat mengganggu aktivitas manusia. Oleh sebab itu pekerjaan sebagai pawang hujan hadir untuk membantu masyarakat. Memang sedikit aneh jika harus melawan kehendak alam, namun nyatanya hal ini dapat benar-benar terjadi di Indonesia. Dengan ritual khusus, seseorang bisa memindahkan hujan dari satu tempat ke tempat lain.

3.Penukar uang

Tentunya sangat aneh jika Anda mendengar pekerjaan menukarkan uang. Ya, tak bisa dipungkiri, untuk mendapatkan uang kecil/receh cukuplah sulit. Apalagi bagi Anda yang memiliki bisnis. Pasti akan sangat terbantu dengan hadirnya uang receh sebagai kembalian. Mereka yang bekerja sebagai penukar uang, akan meminta biaya tambahan sebagai imbalan atas jasanya. Anda akan dengan mudah menemukan jasa penukaran uang dengan mudah di daerah kota tua.

4.Starling

Tak semua orang mengetahui apa itu starling. Starling adalah singkatan dari Starbuck Keliling yang sederhananya merupakan penjual kopi keliling. Anda dapat dengan mudah menemukan starling di beberapa wilayah perkantoran, tempat umum yang ramai pengunjung seperti monas, lapangan banteng, taman menteng dll.

5.Ojek payung

Anda orang Indonesia tak perlu khawatir jika lupa membawa payung saat hujan. Pasalnya banyak tersedia ojek payung yang bersedia membantu Anda. Mereka akan membawa payung dan berhujan-hujanan demi memberikan pinjaman kepada Anda supaya tidak basah. Anda cukup memberikan tip kepada mereka, sebagai ucapan balas jasa. Biasanya anak-anak kecil yang kerap menjalani profesi ini.

6.Tukang permak jeans

Celana Anda sobek tapi malas keluar rumah? Tak perlu khawatir. Di Indonesia, Anda hanya harus menunggu dan memanggil tukang jahit keliling yang biasanya menservis celana jeans. Cukup panggil tukang jahit keliling dan tunggu beberapa menit, maka masalah Anda sudah terpecahkan dengan sempurna.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini