nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harum dan Enak, Sederet Teh Indonesia yang Tak Kalah dengan Teh ala Inggris

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 18 298 1938401 harum-dan-enak-sederet-teh-indonesia-yang-tak-kalah-dengan-teh-ala-inggris-QAaPdsebGr.jpg Minuman teh (Foto: Valleyoftea)

SOAL minuman, masyarakat Indonesia selain memiliki kebiasaan meminum kopi juga tak dipungkiri begitu akrab dan dekat dengan budaya meminum teh.

Contohnya, ketika berkunjung ke rumah orang lain atau menjamu tamu, hidangan minuman yang biasa dihidangkan adalah secangkir teh hangat.

Bicara soal teh, selain penghasil biji kopi, Indonesia juga dikenal sebagai penghasil teh. Nah, penasaran teh-teh lokal Indonesia apa saja yang selain harum juga enak rasanya? Daripada penasaran, baca dulu yuk ulasannya di bawah ini.

Teh hitam

Diketahui sebagai salah satu jenis teh paling tenar di Indonesia, sekaligus banyak diproduksi langsung di Indonesia. Teh hitam Indonesia, sebagaimana disebutkan oleh Ratna Somantri, selaku Ketua Bidang Dewan Teh Indonesia pnya karakteristik yakni warna yang jernih tidak mengental, dan rasa yang lebih earthy. Tak hanya warna dan rasa, bentuknya pun cenderung lebih bulat dibanding teh hitam dari negara-negara lainnya.

Teh putih

Teh jenis satu ini, disebutkan sebagai teh mahal. Yup! Karena produksinya yang tidak banyak dan manfaatnya yang disebutkan melebihi teh hitam dan teh hijau. Di Indonesia sendiri, diketahui pusat perkebunan teh putih ada di provinsi Jawa Barat.

Teh hijau

Salah satu teh yang masuk sebagai jajaran teh paling populer. Teh hijau terkenal punya anti-oksidan tinggi dan membantu untuk orang yang hendak menurunkan berat badan, dan juga untuk perawatan kecantikan. Teh hijau walaupun berasal dari pohon teh yang sama dengan teh hitam dan teh putih, namun proses pengolahannya berbeda. Prosesnya kurang lebih, dimulai dari mengeringkan daun dengan air yang jernih, memanaskan, menggulung, lalu mengeringkan dan tanpa difermentasi atau dioksidasi yang mana tahap inilah yang membuat anti-oksidan tetap ada pada daun teh hijau.

Teh merah

 

Nama lain dari teh hitam, jadi memang teh hitam dan teh merah pada dasarnya adalah teh yang sama. Teh merah disebutkan sebagai teh yang bebas mengandung kafein, punya anti-oksidan dan rendah kandungan tannin nya serta tak mengandung asam oksalat.

Teh serai

 

Punya aroma seperti lemon, namun rasanya lebih ringan dan lebih manis. Serai selain sebagai sumber vitamin A dan C juga mengandung vitamin lainnya seperti folat, kalium, seng, tembaga, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, asam folat, dan mangan. Cara membuat teh serai ini, cukup menambahkan satu sendok teh serai atau serai kering selama 10 menit ke dalam segelas air panas. Demikian seperti dirangkum dari berbagai sumber. (dno)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini