nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duh, Cantiknya Burung-Burung Khas Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 18 Agustus 2018 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 18 406 1938265 duh-cantiknya-burung-burung-khas-indonesia-j4qTzfCkyK.jpg burung cendrawasih (Foto:Ist)

SELAIN memiliki kenakeragaman flora, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara yang dianugerahi beragam jenis fauna. Beberapa diantaranya bahkan masuk dalam kategori hewan endemik, atau tidak ditemukan di tempat lain.

Berbicara soal fauna, salah satu jenis hewan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia maupun masyarakat internasional adalah burung. Berikut adalah 4 jenis burung asli Indonesia yang berhasil Okezone rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/8/2018).

Burung Cenderawasih

Burung ini merupakan anggota famili Paradisaedae dari ordo Passeriformes. Burung Cenderawasih sering ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, hingga Australia Timur. Kendati demikian, burung Cenderawasih dinobatkan sebagai hewan endemik asal Indonesia. Keunikan burung ini terletak pada warna bulunya yang penuh dengan warna serta memiliki pita panjang pada ekornya. Namun sayang, populasi burung Cenderawasih kian tergerus hingga memaksa pemerintah menjadikan hewan ini sebagai hewan yang dilindungi.

Burung Tokthor Sumatera

 

Berbeda dengan burun pada umumnya, burung Tokhtor SUmatera cenderung hidup di permukaan tanah. Selain bentuknya yang unik, burung ini menjadi salah satu jenis burung asli Indonesia yang terancam punah. Sekilas, bentuk burung Tokthor Sumater menyerupai bebek berukuran kecil dengan bulu bulu berwarna-warni yang didominasi warna hijau. Ukurang burung ini diklaim bisa mencapai setengah meter.

Burung Cililin

 

Burung Cililin adalah burung yang memiliki ciri khas berupa jambul di atas kepalanya. Warnanya didominasi warna hitam dan tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan Utara, Semenanjang Malaya, dan Sumatera. Burung Cicilin biasanya dipelahara oleh para penggemar burung untuk mengikuti lomba tabi burung. Suaranya yang khas memang menjadi salah satu daya tarik burung tersebut.

Burung Wiwik Kelabu

 

Wiwik kelabu adalah sejenis burung yang masuk dalam anggota suku kangkok (cuculidae). Burung ini kerap ditemui di lingkungan pedesaan dan dikenal dengna banyak nama, mulai dari kedasih atau daradasih, sit uncui, manuk uncuing, sampai kepada burung orang meninggal menurut warga betawi. Wiwik kelabu mudah dikenal dari suaranya yang merawankan hati. "Tii..tut..twiiit, ..tii..tut..twiiit, .. tii..tut..twiiit”, bertambah cepat dan bertambah tinggi nadanya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini