nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Layaknya Negara Kerajaan, Indonesia Punya Istana untuk Para Raja Loh!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 18 Agustus 2018 21:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 18 406 1938365 layaknya-negara-kerajaan-indonesia-punya-istana-untuk-para-raja-loh-xiJGYyLwmM.jpg istana ubud (google)

DAHULU kala sebelum sistem pemerintahan Indonesia dipimpin oleh seorang kepala negara yang disebut presiden, tanah air sempat memiliki beberapa kerajaan besar di hampir tiap daerah. Kerajaan tersebut dipimpin oleh seorang raja yang tinggal bersama keluarganya dalam bangunan yang bisa disebut dengan istana.

Namun, tiap istana di daerah tersebut memiliki sebutan dan bentuk bangunan yang berbeda, sesuai dengan budaya, adat istiadat, dan tradisi masing-masing. Dari sekian banyak kerajaan yang ada di Indonesia, berikut Okezone tampilkan bangunan-bangunan yang jadi tempat tinggal para raja dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Hotman Paris Berikan 'Permen' Rp25 Juta untuk Joni Kala si Pemanjat Tiang Bendera

 

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Surakarta atau Solo memiliki satu keraton yang jadi tempat tinggal atau istana resmi Kasunanan Surakarta, yang nama lengkapnya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Berada di Kota Surakarta, Jawa Tengah, bangunan keraton didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada 1744.


2. Istana Maimun

Istana maimun  

Menjadi salah satu istana yang terindah di Indonesia, Istana Maimun memiliki arsitektur bangunan yang menawan, penuh goresan sejarah, dan sangat menarik untuk dikunjungi. Istana Maimun dulunya tempat tinggal raja semasa Kerajaan Deli. Istana yang sekarang berada di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja, Medan tersebut, kini bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata sejarah.

Baca juga: Indonesia itu Unik! 5 Nama Penyakit yang Cuma Ada di Tanah Air

3. Keraton Kasepuhan

Keraton Kaesepuh

Kerato Kasepuhan Cirebon berada di Jalan Keraton Kasepuhan No. 43, Keluruhan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Keraton Kasepuhan. Sebagai bangunan tempat tinggal raja, Keraton Kasepuhan dibangun sejak 1529, yang artinya kini sudah berusia 489 tahun. Saat menyambangi bangunan ini, para wisatawan bisa melihat dan merasakan peningakan Pangeran Cakrabuana dan Sunan Gunung Jati.


4. Istana Amantubillah

istana amantubillah

Berumur tua bangunan Istana Amantubillah masih kokoh berdiri di tanah bumi Desa Pulau Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur, Kalimantan Barat. Menyambangi istana ini wisatawan seakan diseret ke masa lalu saat saat kejayaan Kerajaan Mempawah yang damai rakyatnya. Warna hijau pada istana dan rerumputan yang tumbuh di sekitar istana mampu menyegarkan pandangan mata wisatawan.

 Baca juga: Selain B.J. Habibie, 5 Ilmuwan Indonesia ini Penemuannya Sudah Diakui Dunia!

5. Istana Puri Saren Ubud

Istana Puri Saren Ubud

Kunjungi Istana Puri Saren Ubud ketika menyambangi Bali akan membuat liburan Anda kian berkesan. Pasalnya, di istana ini wisatawan bisa mempelajari dan menyaksikan sisa-sisa peninggalan budaya leluhur Bali. Desain arsitektur bangunan istana jelas dibangun sesuai dengan ornamen ukir khas Bali.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini