nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarian Tradisional Indonesia yang Sudah Menggoyang Dunia

Fienca Amelia , Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 10:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 18 406 1938381 tarian-tradisional-indonesia-yang-sudah-menggoyang-dunia-N9eYSljhGu.JPG Tari kecak (IG)

INDONESIA merupakan negara yang kaya akan budaya mulai dari bahasa, adat istiadat, suku, makanan dan tari tradisional. Tari tradisional yang merupakan warisan budaya negara Indonesia yang diwariskan dari generasi ke generasi. Setiap daerah pasti memiliki tarian khas yang indah dan penuh makna.

Okezone mengumpulkan dari berbagai sumber, inilah 5 tarian tradisional yang membanggakan ini sudah membuat dunia kagum akan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia, Jumat (17/8/2018).

 Baca juga: Hotman Paris Berikan Permen Rp25 Juta untuk Joni Kala si Pemanjat Tiang Bendera

1. Tari Saman Aceh

 tari saman (Adventurelearning)

Tari saman merupakan sebuah tarian yang berasal dari suku Gayo, Aceh Tenggara. Pertunjukan tari ini tidah hanya popular di Indonesia, tetapi tari ini juga popular di negara Australia dan Eropa. Tarian ini tidak diiringi alat musik, tetapi diiringi suara penari dan tepuk tangan yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha. Tarian ini terbilang sulit karena gerakan tangannya yang cepat dan rumit membutuhkan konsentrasi penuh untuk menarikan tarian saman ini. Pada tahun 2011 lalu, UNESCO menetapkan tari saman sebagai Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia.

 Baca juga: 5 Artis Muda yang Cantiknya Asli Indonesia Banget

2. Tari Kecak Bali

 Tari kecak

Pertunjukan tari khas Bali ini dimainkan oleh puluhan bahkan ratusan penari laki-laki. Para penari duduk melingkar lalu menyerukan “cak” sambil mengangkat kedua tangan mereka. Mereka menggunakan kain Bali dengan motif kotak-kotak seperti paan catur di pinggang. Sama seperti saman, tarian ini pun tidak diiringi alat musik, penari hanya menggunakan kincringan yang dipakai pada kaki penari. Kecak ini menceritakan tentang Ramayana. Tarian ini pun menampilkan beberapa aksi api yang ekstrem. Tiket pertunjukan tarian ini selalu habis diborong wisatawan asing yang berkujung ke Bali.


3. Tari Reog Ponorogo

 Tari Reog Ponorogo (Okezone)

Reog biasanya dipentaskan dalam beberapa acara seperti pernikahan, khitanan dan hari-hari besar Nasional. Seni Reog Ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian, 2 sampai 3 tarian pembuka. Ciri khas dari tari reog ini adalah topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Berat topeng ini mencapai 50-60 kg. Topeng yang berat ini dibawa oleh sang penari dengan menggunakan gigi. Sempat terjadi kontroversi antara Malaysia dan Indonesia karena Malaysia menyatakan bahwa tarian ini milik Malaysia.

Baca juga: Aksi Heroik Anggota TNI, Panjat Tiang Demi Selamatkan Tali Bendera Putus

4. Tari Pendet Bali

 Tari Pendet

Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persenbahan namun dalam bentuk tarian upacara. Awalnya, tarian ini merupakan tari pemjaan yang banyak diperagakan di pura. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata kea lam dunia. Tarian ini meliputi gerakan kaki dan jari yang rumit serta bermain di ekspresi wajah. Penari membawa semacam nampan kecil yang dihias janur kuning dan berisikan bunga warna-warni yang nantinya akan ditaburkan kepada para penonton. Tari pendet sempat menjadi sorotan media Indonesia karena tampil dalam program televisi yaitu Enigmatic Malaysia Discovery Channel.


5. Tari Piring Sumatera Barat

 tari piring

Tarian ini adalah salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring yang di ayun dengan gerakan cepat tanpa terlepas dari genggaman tangan. Tari piring membuat para wisatawan asing tak percaya dan mengira piring tersebut direkatkan di tangan menggunakan lem. Penari yang berjumlah ganjil ini diiringi oleh alat musik Talempong dan Saluang.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini