nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Atlet Harumkan Nama Indonesia di Kejuaraan Internasional

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 00:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 19 196 1938415 deretan-atlet-harumkan-nama-indonesia-di-kejuaraan-internasional-91UL8Zl5Ks.jpg Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Foto:Okezone)

PESTA olahraga Asian Games 2018 resmi digelar. Untuk merayakannya, Okezone akan membahas sederet prestasi atlet yang berhasil harumkan nama Indonesia di Kancah Internasional.

Mulai dari cabang olahraga bulu tangkis, atletik, hingga wushu, para atlet ini telah berjuang keras memberikan yang terbaik untuk bangsa dan Tanah Air. Dilansir Okezone dari berbagai sumber, Minggu (19/8/2018), berikut ulasan lengkapnya.

Lalu Muhammad Zohri

Belum lama ini, bendera Indonesia kembali berkibar di kancah internasional, setelah pelari Nasional Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih emas dalam ajang IAAF World U20 Championship yang berlangsung di Tempere, Finlandia. Momen kemenangan Zohri pun sempat menjadi viral di berbagai media sosial.

 

"Momen bersejarah, Lalu Muhammad Zohri menjadi orang Indonesia pertama yang meraih medali di kejuaraan ini.," tulis akun resmi IAAF.

Kesuksesan Zohri mengharumkan nama Indonesia mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Gubernur NTB TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) memberi bonus Rp200 juta dalam bentuk polis asuransi dan modal usaha.

Menpora Imam Nahrawi bahkan mengungkapkan bahwa Pemerintah Indoenesia akan memberikan bonus kepada pelari tercepat di Indonesia itu.

Aries Susanti Rahayu

Prestasi membanggakan juga dicatat oleh atlet wanita Indonesia pada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Chongqing, China, yang berakhir pada Minggu 6 Juni 2018 lalu. Dalam kejuaraan tersebut, atlet Indonesia berhasil meraih masing-masing medali emas, perak, perunggung, dalam nomor speed.

 

Aries Susanti Rahayu menjadi satu-satunya atlet yang berhasil medali emas setelah mengalahkan atlet asal Rusia, Elena Timofeeva, dengan catatan waktu 7,51 detik berbanding 9,01. Video Aries saat sedang memanjat tebing pun sempat menjadi viral, hingga membuatnya dijuluki Spiderwoman.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

Prestasi Indonesia dalam cabang olahraga bulu tangkis memang sempat terpuruk. Dalam beberapa kejuaraan, Indonesia selalu gagal meraih medali emas, meski telah menurunkan sederet atlet bulu tangkis profesional. Hingga akhirnya Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil menorehkan sejarah baru pada Olimpiade 2016 yang digelar di Rio De Janeiro, Brasil.

Keduanya memboyong sukses memboyong medali emas tepat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan pada saat itu, Owi dan Butet (sapan akrab Tontowi/Liliyana), menjadi satu-satunya atlet yang mempersembahkan medali emas pada pesta olahraga terbesar di dunia tersbut.

Lindswell Kwok

Dari cabang olahraga wushu, atlet Indonesia juga tampil gemilang saat mengikuti Kejuaraan Dunia Wushu ke-14 yang berlangsung di Rusia 28 September - 3 Oktober 2017. Pada kejuaraan tersebut, Lindswell Kwok sukses memboyong medali emas. Sebelumnya ia juga berhasil meraih medali emas pada perhelatan SEA Games Kuala Lumpur 2017 dengan torehan nilai tertinggi yakni, 9,67.

 

Kesuksesaan yang diraih Lindswell sekaligus mempertahankan tradisi emas Indonesia di Kejuaraan Dunia sebelumnya. Selain Lindswell, Indonesia juga meraih 3 medali perak yang dipersembahkan Juwita Niza Wasni di nomor Nanquan, Hulaefi Ahmad pada kategori putra, dan Marvelo Edgar Xavier yang tampil pada nomor Daoshu

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini