nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hebat! Miliarder Ini Punguti Sampah di Lingkunganya Tiap Hari Selama 3 Tahun

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 03:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 19 196 1938682 hebat-miliarder-ini-punguti-sampah-di-lingkunganya-tiap-hari-selama-3-tahun-QkYtOVEb5d.jpg Zhong Congrong. (Foto: Youtube/Ruptly)

PEDULI kepada lingkungan memang harus dilakukan semua orang, tidak memandang apa jabatannya. Bahkan, salah seorang pengusaha di China masih rajin mengumpulkan sampah yang berserakan di sekitar rumahnya, meskipun dirinya sudah menjadi miliarder.

Zhong Congrong, seorang pengusaha sukses dari Chongqing, China, dikenal sebagai miliarder pengumpul sampah, karena kebiasaannya menjelajahi jalanan di kotanya sambil membawa alat pengambil sampah yang dia buat. Pengusaha berusia 52 tahun itu sudah membersihkan jalan-jalan di Chingqing sejak tiga tahun lalu, setelah keluarganya berlibur ke provinsi Hainan, Tiongkok selatan.

Di sana, dia bertemu dengan seorang pensiunan profesor universitas, yang telah mengambil sampah dari salah satu pantai setempat setiap hari, selama empat tahun terakhir. Dia begitu terkesan dengan dedikasi dan komitmen wanita itu terhadap pengumpulan sampah, dia pun memutuskan untuk meniru kebiasaan sehari-hari profesor itu di kota kelahirannya, segera setelah dia kembali dari liburannya.

Baca Juga: Ini 5 Film yang Tampilkan Adegan Bugil

Menariknya, pada awalnya kebiasaan mengumpulkan sampah Congrong menarik banyak perhatian negatif, baik dari penduduk setempat maupun media. Orang-orang tidak dapat mengerti mengapa seorang jutawan yang memiliki real estat, dealer mobil, dan beberapa pabrik pengolahan material membungkuk untuk mengambil sampah dengan tangan.

Meskipun mereka menuding hal itu sebagai aksi untuk menarik perhatian, tetapi Zhong mengacuhkan hal negatif itu. Bahkan, keluarganya bingung oleh perilaku Zhong pada awalnya. Akibatnya, istri dan anak-anaknya pun malu karena liputan negatif media tentang "kebiasaan eksentriknya" dan menolak bersamanya di depan umum.

Namun seiring berjalannya waktu, sikap orang berubah. Mereka melihat lingkungan mereka semakin bersih berkat upaya Zhong dan mulai memuji dan mendukungnya. Istrinya pun berbalik mendukung, dan membuat kampanye anti-sampah sendiri, dan memarahi semua orang yang dilihatnya membuang sampah di jalan.

Baca Juga: 10 Perempuan Terseksi di India, Lekuk Tubuhnya Nyaris Tanpa Cela

ÔÇťApakah kita membuang atau mengambil sampah tidak terkait dengan gelar akademik, latar belakang budaya, usia, atau status sosial ekonomi kita," jelas Zhong Congrong seperti dilansir Okezone dari odditycentral.

Dia pun telah melakukan yang terbaik untuk menginspirasi orang lain. Dia memakai t-shirt oranye agar menarik perhatian, yang menampilkan slogan anti-buang sampah sembarangan, setiap kali dia berburu sampah.

Bahkan, dia menerapkan denda 10 yuan kepada karyawamnya yang tertangkap membuang sampah sembarang di tempat kerja. Namun, dia sepenuhnya sadar bahwa tindakan yang lebih luas diperlukan untuk perubahan yang benar.

"China membutuhkan regulasi yang lebih ketat untuk mencegah mereka membuang sampah. Mengandalkan disiplin diri tidak akan cukup. Orang-orang Tionghoa takut 'kehilangan muka'. Mereka tidak peduli tentang berapa banyak mereka didenda, dan lebih mementingkan rasa malu," tutur dia.

Zhong Congrong mungkin hanya satu orang, tetapi dedikasi tulusnya untuk memecahkan masalah sampah kota telah menginspirasi jutaan orang di Tiongkok.

Percaya atau tidak, Zhong bukanlah satu-satunya jutawan di dunia yang mengumpulkan sampah. Ada juga seorang pengusaha kelahiran Korea yang tinggal di Bahrain, yang secara manual mengambil sampah setiap hari selama 11 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini