nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hewan Langka di Dunia Ini Hanya Ada di Indonesia

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 19 406 1938436 5-hewan-langka-di-dunia-ini-hanya-ada-di-indonesia-7ZJcXVghiV.jpg Tarsius hewan asli Sulawesi (Foto: Shutterstock)

KERAGAMAN di Indonesia tidak hanya sebatas pada suku, agama, ras, dan bahasa. Negeri ini juga kaya akan flora dan faunanya. Bahkan ada sejumlah hewan yang hanya ditemukan di Tanah Air. Hal ini tentu membuat kita sebagai rakyat harus berbangga diri.

Okezone telah merangkum 5 hewan yang hanya ada di Tanah Air dari berbagai sumber, Minggu (19/8/2018). Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Bekantan

(Foto: Shutterstock)

Bagi Anda yang pernah mengunjungi Dunia Fantasi tentu tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Ya, bekantan memang dijadikan maskot taman hiburan tersebut. Dengan nama latin Nasalis larvatus, hewan ini merupakan sejenis kera. Ciri khasnya adalah hidung yang besar. Bekantan dapat ditemui di hampir seluruh bagian pulau Kalimantan.

Maleo

(Foto: Shutterstock)

Burung yang satu ini sering dijumpai di daerah Gorontalo. Bulunya yang indah membuat Maleo senkawor sempat diburu ilegal. Selain itu, ukuran telurnya yang sangat besar juga mencuri perhatian. Maka tak heran bila hewan ini masuk dalam kategori spesies langka. Jumlahnya saja hanya 10.000 ekor.

Komodo

(Foto: Shutterstock)

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan hewan satu ini. Komodo atau kadal raksasa dapat ditemui di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Barat. Hewan ini juga tergolong spesies langka karena jumlahnya hanya tersisa 3 ribuan saja. Salah satu yang membuat komodo sulit berkembang biak adalah proses perkawinannya yang rumit dan pemangsaan telur oleh predator.

Tarsius

(Foto: Shutterstock)

Mungkin hewan ini belum banyak dikenali orang. Tarsius adalah sejenis kera yang berasal dari Bangka Belitung dan dapat ditemukan juga di Riau serta Kalimantan. Hewan dengan nama lain Mentilin ini berwarna coklat kemerahan hingga abu-abu kecoklatan. Ukuran tubuhnya tergolong kecil yaitu hanya 12-15 cm. Matanya yang besar membuat hewan ini terlihat lucu.

Anoa

(Foto: Shutterstock)

Memiliki nama latin Bubalus Depressicornis, hewan ini hanya ditemukan di wilayah Sulawesi, Indonesia. Perawakan anoa sekilas mirip dengan kerbau, namun tanduknya lebih runcing dan panjang mencapai 30 cm. Hewan yang menjadi maskot ini juga tergolong langka karena jumlahnya tersisa sekira 5 ribu ekor saja.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini