nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanah Lot Art & Food Festival 2018 Resmi Dibuka, Kunjungan Wisatawan Ditargetkan Capai 55 Ribu

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 12:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 19 406 1938510 tanah-lot-art-food-festival-2018-resmi-dibuka-kunjungan-wisatawan-ditargetkan-capai-55-ribu-yxpSGhZv1i.jpg Tanah Lot Art & Food Festival 2018 (Foto: Istimewa)

Tanah Lot Art & Food Festival 2018 Resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata yang diwakili oleh Plt Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Ni Wayan Adiyani dan didampingi oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti pada Sabtu (18/8/2018).

Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut diisi oleh berbagai kegiatan seperti peluncuran Tarian Kolosal Rejang Sandat Ratu Segara, atraksi seni dan budaya, kuliner, pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), festival kopi, serta berbagai hiburan musik lainnya.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menargetkan event tersebut mampu menarik 55 ribu wisatawan yang hadir baik wisatawan domestik maupun mancanegara. “Ini merupakan festival kedua, tahun lalu pernah diadakan dan waktu itu selama tiga hari bisa mendatangkan 45 ribu wisatawan, makannya tahun ini target kita melebihi tahun lalu yakni 55 ribu wisatawan," ungkap Eka.

Selain peningkatan kunjungan wisatawan, Bupati Eka juga berharap event tersebut bisa dijadikan sebagai ajang untuk memperkenalkan UMKM, UKM Kreatif dan kuliner khas Tabanan kepada masyarakat luas.

“Event ini juga sebagai bentuk nyata untuk meningkatkan sektor ekonomi rakyat, jadi kita banyak sekali mengajak UMKM yang tadinya belum bisa tampil, kemudian melalui dinas Koperasi dan UMKM mereka kita gandeng untuk bisa tampil berdagang untuk meraup keuntungan, saat ini terdapat 10 stand UMKM yang ikut memeriahkan, jadi bisa silih bergantian dengan yang lainnya," tambahnya.

Menariknya, setelah pemukulan gong penanda pembukaan acara, langsung digelar peluncuran Tarian Kolosal Rejang Sandat Ratu Segara yang diikuti oleh 1800 penari wanita muda yang cantik-cantik menghiasi indahnya pura Tanah Lot. “Jadi tarian ini diciptakan karena rasa syukur kita terhadap alam semesta yang sudah memberikan limpahan anugrahnya saat ini, untuk membuat alam ini lebih harmonis," ungkap Eka.

Ia juga mengucapkan selamat datang kepada para wisatawan yang telah memadati area Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot dan menghimbau supaya tidak pernah bosan untuk menginjakan kaki di Kabupaten yang memiliki visi sebagai daerah yang Sejahtera Aman dan Berprestasi.

Pada pembukaan festival tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Wakil Gubernur Bali terpilih Tjokorda Arya Ardana Sukawati, Ketua DPRD Bali, I Nyoman Adi Wiryatama dan Kepala Dinas Kebudayaan Bali, Dewa Putu Beratha mewakli dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Sementara itu, Manager Operasional DTW Tanah Lot Toya Adnyana menyebutkan pihaknya telah mempersiapkan acara secara matang, baik dari segi konsep acara maupun teknis pelaksanaan. “Kita di panitia intinya sudah siap dalam semua lini terutama pengamanan kita dibackup Lifeguard, Security, Polair, Satpol PP, Pecalang Kecamatan dan pecalang yayasan Siwa Murthi Bali. Dengan harapan semua bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini