nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fakta Menarik di Balik Kemeriahan Upacara Pembukaan Asian Games 2018

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 13:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 19 406 1938526 6-fakta-menarik-di-balik-kemeriahan-upacara-pembukaan-asian-games-2018-u0EUIsWKSh.jpg Kembang api dalam Upacara Pembukaan Asian Games 2018 di GBK (Foto: Arif Julianto/Okezone)

UPACARA pembukaan Asian Games 2018 semalam berlangsung dengan meriah. Di media sosial, banyak warga net yang memuji acara tersebut serta merasa kagum, terpukau, dan bangga. Baik itu yang menonton langsung maupun yang hanya menikmatinya melalui layar televisi.

Tentu kesuksesan upacara pembukaan Asian Games 2018 tidak terlepas dari tangan-tangan orang yang terlibat di dalamnya. Okezone telah merangkum fakta-fakta menarik seputar acara tersebut. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Minggu (19/8/2018):

1. Desain panggung


Penonton yang hadir di Gelora Bung Karno untuk menyaksikan upacara pembukaan pasti langsung terbius dengan kemegahan panggung yang berkonsep unik. Bagaimana tidak, mengambil tema kekayaan alam Indonesia, di atas panggung didirikan gunung dan air terjun.

Tak tanggung-tanggung, gunung dibangun dengan lebar 130 meter dan tinggi 27 meter. Pembangunannya dikerjakan oleh 350 orang asli Indonesia terutama Urban (Urang Bandung). Sementara untuk air terjun, tingginya mencapai 17 meter dari tanah dengan lebar 12 meter. Ada pula air yang mengalir dengan beban kurang lebih 60 ton.

2. Jumlah penari


Selain menampilkan kekayaan alam, gelaran upacara pembukaan semalam juga menampilkan kekayaan adat dan budaya Tanah Air. Kurang lebih sebanyak 3.000 penari ikut berpartisipasi. Uniknya, tarian menggabungkan tradisional dan modern. Untuk tari tradisional, beberapa yang ditampilkan antara lain Sipitu Cawan, Gending Sriwijaya, Tari Piring, Zapin, Ratoeh Jaroeh, Lenong Betawi, Jaipongan, dan Kecak. Sedangkan untuk tari modern terlihat ada hiphop, ballet, parkour, dan kontemporer cube. Semua penari itu dilatih oleh Denny Malik dan Eko Supriyanto.

3. Keterlibatan musisi


Kemeriahan acara juga tidak terlepas dari pengisi acara yang lain. Melalui tangan dingin komposer Addie MS dan Ronald Steven, belasan penyanyi seperti Anggun, Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon, dan Via Vallen tampil menawan. Ada pula pianis yang mendapatkan nominasi Grammy Award, Joey Alexander.

4. Tata lampu dan kembang api

 

Salah satu yang membuat takjub adalah pesta kembang api saat berlangsung acara. Dengan mengambil lima tema yaitu air, bumi, udara, api, dan energi, pertunjukan pesta kembang api mampu membius mata penonton. Seakan tak berhenti membuat mata penonton takjub, tata lampu di sekitar panggung juga tidak kalah memukau.

5. Harga tiket

Tak bisa dipungkiri bila upacara pembukaan Asian Games 2018 merupakan acara yang ingin dikunjungi oleh banyak orang. Terbukti harga tiket dengan kisaran Rp750 ribu hingga Rp5 juta terjual habis. Maka tak heran bila lebih dari 40 ribu orang menyaksikan acara tersebut.

6. Orang di belakang layar

 

Kesuksesan upacara pembukaan Asian Games 2018 tentu terjadi karena orang yang berada di belakang layar. Dipimpin oleh direktur kreatif Wishnutama yang sudah dikenal sebagai sosok kreatif dan petinggi salah satu televisi swasta, persiapan acara ini membutuhkan waktu persiapan lebih dari setahun. Selain Wishnutama, ada pula Denny Malik, Eko Supriyanto, Ronald Steven, Addie MS, Dynand Fariz, dan Rinaldy Yunardi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini