nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sport Tourism Jadi Senjata Utama Bintan Gaet Wisatawan Mancanegara

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 20 406 1938793 sport-tourism-jadi-senjata-utama-bintan-gaet-wisatawan-mancanegara-THlep9ejfp.JPG Ironman 70.3 (Dinno Baskoro/Okezone)

DARI banyaknya potensi wisata yang dimiliki Bintan, Kepulauan Riau, rupanya ada 1 yang menjadi unggulan guna menarik wisatawan yakni sport tourism. Hal tersebut dapat dibuktikan dari beberapa event gabungan dari olahraga dan pariwisata berskala Internasional yang digelar dan terbilang sukses.

Misalnya saja pada perhelatan Tour de Bintan, Ironman 70.3, Bintan International Marathon, Sail Bintan dan lain sebagainya. Sejumlah event dengan kategori Sport Tourism itu terbilang sukses menarik wisatawan mancanegara.

 Baca juga: 8 Fakta Tersembunyi Tentang Joni dari Atambua, Salah Satunya Memang Hobi Panjat Pohon

Ironman 70.3 (Dinno Baskoro/Okezone)

"Untuk sport tourism di Bintan bisa terbilang sukses. Itu bisa terlihat dari pembiayaan, profesionalisme, hingga partisipan yang mencapai target. Tour de Bintan saja berhasil mencapai peserta pesepeda mancanegara terbanyak di Indonesia," papar Kadispar Bintan, Luki Zaiman Prawira kepada Okezone di sela-sela acara Ironman 70.3, Bintan, Kepri.

Ia pun menyebut bahwa dampak kesuksesan dari sebuah event sport tourism terhadap sektor pariwisata terbilang baik dalam peningkatan kunjungan wisman ke Tanah Air. Sebut saja jika ada partisipan yang join ke satu acara, minimal dia tak akan datang sendiri.

 Baca juga: Tren Tato Telapak Kaki Hewan Peliharaan di Tubuh Pemiliknya, Bikin So Sweet Banget!

Biasanya mereka akan membawa supporter, istri bahkan anaknya sekaligus. Jika dikalkulasi, maka kunjungan wisatawan terhitung 3 kali lipat untuk 1 wisman.

"Contohnya peserta di Ironman 70.3 ini. Partisipan tersebut pasti bawa anak dan istri, belum lagi supporter. Tahun ini saja ditargetkan 1.160 peserta Ironman dan sudah mencapai target karena peserta yang terdaftar ada 1.200. Coba kalkulasi di kali 3, bisa mencapai 4.000 lebih wisatawan yang datang," paparnya.

 Ironman 70.3 (Dinno Baskoro/Okezone)

Belum lagi ketika berkunjung ke Indonesia, para wisman tersebut sudah pasti membelanjakan dolarnya. Tentu saja hal itu berdampak positif bagi pembangunan sektor pariwisata di daerah tersebut.

 Baca juga: Mau Jauhi Kanker Prostat? Hindari Konsumsi 3 Asupan Ini

Bahkan di kesempatan lain, Menteri Pariwisata Arief Yahya sempat memberi 3 jempol untuk Bintan. Ia menyebut, jika pariwisata diibaratkan celana, maka kantung kanan Bali, kantung kiri Jakarta dan kantung belakang Kepri (termasuk Bintan). 3 destinasi tersebut juga seringkali disebut 3 greater.

Jika dipresentasekan dari data pada 2016, total 90% wisman masuk ke Indonesia, Bali menyumbang 40%, Jakarta 30% dan Kepri 20%.

Melihat potensi tersebut, Kadispar Bintan mengatakan ia akan terus mengembangkan sektor sport tourismnya. Mulai dari venue, akomodasi termasuk hotel dan penginapan hingga berbagai acara menarik yang bakal digelar setiap tahunnya guna menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

"Ada 10 event Internasional setiap tahunnya. Itu saja diluar event nasional dan lokal. Bulan depan (September) akan digelar Bintan International Marathon, lalu dilanjutkan Sail Bintan dan lain sebagainya. Ada event tersebut, sudah pasti wisatawan bakal datang ke Bintan," pungkas Luki.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini