nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Hal Seputar Penerbangan Pesawat yang Jarang Diketahui

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 22:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 20 406 1939169 7-hal-seputar-penerbangan-pesawat-yang-jarang-diketahui-Y2FWTAHuHs.jpg Pilot Pesawat Terbang (Foto: Thisinsider)

PENUMPANG pesawat meskipun sudah cukup sering bepergian menggunakan jasa perjalanan udara, dipastikan belum mengetahui beberapa poin penting berikut ini. Meskipun sebelum lepas landas pramugari menjelaskan cara mengenakan masker oksigen, life jacket, hingga proses evakuasi secara berulang dalam dua bahasa, tetap saja masih ada beberapa poin yang belum semua penumpang ketahui.

Dilansir Okezone dari laman This is Insider, Senin (20/8/2018), berikut hal-hal yang mungkin para penumpang pesawat belum ketahui ketika penerbangan berlangsung.

1. Masker oksigen hanya menyediakan oksigen sekira 15 menit

Salah satu hal yang menakutkan dari perjalanan udara adalah saat tekanan udara menurun dan masker oksigen terjatuh. Tapi, yang paling menegangkan tentu saat Anda tahu persediaan oksigen yang dialirkan hanya sekira 12 hingga 15 menit saja. Maka, setelah masker oksigen terjatuh segera kenakan, karena saat tekanan udara berkurang di dalam kabin, para penumpang berisiko pingsan hanya dalam hitungan 30 detik saja.

2. Beberapa bunyi selama penerbangan adalah kode rahasia antar sesama awak

Menurut laman Qantas Airlines, awak pesawat biasanya menggunakan sistem bunyi untuk berkomunikasi saat di dalam kabin. Pesan-pesan ini bisa berisi apa saja, mulai dari sisa makanan hingga turbulensi yang terdeteksi di jalur penerbangan. Pada kesempatan langka, bebunyian di dalam kabin bisa berupa sinyal dari kokpit yang menyampaikan keadaan darurat atau perubahan rute.

3. Jika ada penumpang yang wafat selama penerbangan akan diletakkan saja di kursi penumpang

Kebanyakan maskapai penerbangan tidak memiliki area khusus untuk meletakkan penumpang yang wafat mendadak selama perjalanan. Maka, ketika ada penumpang yang wafat, kru akan meletakkannya kembali di kursi mereka duduk, jika tidak di baris kosong, dan ditutup dengan selimut.

4. Toilet dapat dibuka dari luar

Toilet yang ada di dalam pesawat memang kesannya memberikan setiap penumpang privasi ketika berada di dalamnya. Tapi, saat Anda berada di dalam toilet, sebenarnya ada kunci eksternal yang ada di bagian luar, sehingga bisa dibuka dari luar, alasannya untuk keamanan penumpang.

Baca Juga: 8 Fakta Tersembunyi Tentang Joni, Salah Satunya Memang Hobi Panjat Pohon

5. Tidak boleh minum di dalam pesawat

Air minum yang disiapkan maskapai penerbangan sebenarnya berisiko mengandung koliform, bakteri berbahaya yang juga ditemukan pada kotoran manusia. Untuk itu, EPA mewajibkan seluruh maskapai untuk melakukan uji kesehatan pada air yang mereka sediakan setahun sekali untuk menghindari adanya bakteri tersebut dalam air minum.

6. Meja makan tempat paling kotor dalam pesawat

 

Setiap penumpang tentu menggunakan meja makan yang ada di hadapan mereka saat menikmati hidangan yang disajikan pramugari. Namun, tanpa penumpang sadari meja ini adalah salah satu tempat yang paling kotor dalam pesawat. Disarankan setiap penumpang membawa tisu pembersih untuk membersihkan meja terlebih dahulu sebelum makan, karena penumpang lainnya bisa saja menggunakan liur untuk membersihkan meja hingga mengganti popok.

7. Pramugari tidak dibayar sampai pintu pesawat ditutup

 

Tidak banyak penumpang yang tahu seorang pramugari atau pramugara baru akan dibayar setelah pintu pesawat ditutup. Mereka harus terlebih dahulu memastikan penumpang naik pesawat, melakukan inspeksi keselamatan, hingga semua penumpang turun dari pesawat.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini