nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Jauhi Kanker Prostat? Hindari Konsumsi 3 Asupan Ini

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 05:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 20 481 1938707 mau-jauhi-kanker-prostat-hindari-konsumsi-3-asupan-ini-Rw9NAp4lSQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KANKER prostat merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh Kaum Adam. Ada kanker prostat yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat. Tapi pada umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar.

Menurut data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekira 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat dan terdapat 307 ribu kasus kematian pada tahun 2012.

Di Indonesia sendiri, kanker prostat menempati urutan ke-5 sebagai jenis kanker terbanyak, dengan jumlah penderita sebesar 971 orang pada tahun 2011. Pria usia 70 hingga 79 tahun merupakan kelompok terbanyak yang menderita penyakit ini.

Baca Juga: Ternyata Ada 7 Rahasia Masturbasi Perempuan yang Pria Wajib Ketahui!

Ada berbagai cara untuk mengobati kanker prostat, salah satunya adalah diet yang dimodifikasi. Namun, Anda harus mengikuti saran dokter, agar mengetahui apa yang harus dimakan dan apa yang tidak untuk mencegah dan mengelola kanker prostat.

Penelitian di University of California di San Francisco Medical Center mengungkapkan, diet rendah lemak jenuh dan gula, makanan tinggi serat, buah-buahan dan sayuran dapat menjadi pilihan diet terbaik bagi mereka yang menderita kanker prostat. Namun, ada tiga hal utama yang harus Anda hindari untuk mencegah kanker prostat. Demikian dilansir dari The Health Site.

Daging merah dan daging olahan

Daging merah atau makanan kaya daging olahan, meskipun dimasak dengan baik dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker prostat, karena heterocyclic amines (HCAs), karsinogen yang ditemukan dalam daging yang dimasak. Ini adalah senyawa yang dihasilkan selama memasak suhu tinggi seperti memanggang atau memanggang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), daging sapi, babi, hot dog dan sosis harus dihindari untuk mengurangi risiko kanker prostat. Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba sumber protein lain seperti unggas tanpa lemak (kalkun tanpa kulit atau ayam), ikan segar atau kalengan seperti tuna, salmon atau sarden.

Selain itu, kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang arab, kacang lentil, kacang pinto, kacang merah, kacang dan mentega kacang juga baik untuk menggantikan daging.

Baca Juga: Pria Wajib Tahu, Ini 5 Produk Perawatan untuk Mencegah Penuaan Anda

Susu olahan

Mengkonsumsi susu olahan yang berlebihan juga dapat meningkatkan kemungkinan kanker prostat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengatakan bahwa meminum susu utuh dapat menempatkan Anda pada risiko kanker prostat yang lebih besar.

Bahkan, susu skim dan rendah lemak juga dapat meningkatkan risiko kanker stadium rendah. Selain itu, Anda harus membatasi konsumsi susu dan produk olahannya seperti keju penuh lemak, yogurt penuh lemak, mentega penuh lemak, krim keju penuh lemak dan es krim penuh lemak.

Anda bisa mengonsumsi susu rami, susu beras, susu almond, susu rami, susu kedelai, santan dan susu kacang mete.

Alkohol

Jika Anda sering mengonsumsi alkohol, Anda harus memotong batas asupan alkohol Anda untuk mencegah kanker prostat. Alkohol berfungsi sebagai salah satu pemicu aktif untuk kanker prostat.

Coba dan ganti alkohol dengan air atau air soda dicampur dengan jus buah segar, bir atau anggur non-alkohol, teh atau kopi. Koktail tanpa alkohol juga bisa berfungsi sebagai pengganti alkohol yang baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini