nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Untuk Vegetarian, Ini 5 Tips 'Bertahan' dari Daging saat Idul Adha

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 19:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 20 481 1939048 untuk-vegetarian-ini-5-tips-bertahan-dari-daging-saat-idul-adha-CoyAwU2SEy.jpg Tips hindari daging saat Idul Adha (Foto:Shutterstock)

JIKA merunut pada kalender, lusa tepatnya Rabu 22 Agustus 2018 seluruh umat Muslim di berbagai penjuru dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha, atau juga biasa disebut Hari Raya Kurban.

Di mana, tak jauh berbeda dengan momen perayaan Hari Raya Idul Fitri, momen Lebaran Haji juga biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul merayakan bersama keluarga dan kerabat terdekat, sambil menyantap berbagai hidangan lezat yang biasanya didominasi oleh daging sebagai bintang utama.

Lalu bagaimana jika kita merupakan seorang vegetarian, alias orang yang tidak mengonsumsi daging-dagingan? Jika dipikir mungkin situasi seperti ini akan sulit dihadapi, tetapi sebenarnya ada kok cara yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang vegetarian untuk tetap 'bertahan' dan dapat menikmati Idul Adha seperti yang lainnya. Bagaimana caranya? Melansir Mvslim, Senin (20/8/2018) berikut ulasan 5 tips nya di bawah ini.

(Baca Juga: 8 Fakta Tersembunyi Tentang Joni, Salah Satunya Memang Hobi Panjat Pohon)

(Baca Juga: Hoax! Beredar Kabar Daging Sapi Berbuih Putih karena Kanker, Begini Penjelasan Dokter Hewan)

1. Beri tahu dan ingatkan semua orang bahwa Anda adalah vegetarian:

Saat mengadakan pertemuan keluarga atau acara berkumpul bersama teman, pastikan untuk memberi tahu mereka sebelumnya bahwa Anda adalah seorang vegetarian. Di momen seperti perayaan spesial ini, biasanya pertemuan khusus direncanakan lebih awal, dan cobalah untuk tidak mengacaukan rencana dengan mengingatkan mereka tepat waktu. Selain itu, cobalah untuk menjelaskannya dengan cara yang mudah, salah satunya bisa dengan memberi beberapa contoh hidangan mudah dan familiar yang bisa tuan rumah siapkan untuk Anda. Dengan cara ini Anda dan pihak tuan rumah tidak perlu panik!.

 

2. Buat sendiri :

Jika tidak yakin apakah tuan rumah yang dikunjungi akan melakukan upaya ekstra untuk Anda dengan memasak sesuatu hidangan vegan atau vegetarian, maka langsung saja buatlah sendiri hidangan vegetarian Anda sendiri. Siapkan beberapa lauk lezat dan cocok yang dapat juga dibagikan kepada semua orang. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati makanan khusus diri Anda tanpa khawatir.

 

3. Jadi tuan rumah :

Menjadi tuan rumah acara kumpul-kumpul memang terkadang membuat stres dan melelahkan, tapi juga menyenangkan di saat yang bersamaan. Jika Anda memutuskan untuk menjadi tuan rumah dari acara kumpul-kumpul Idul Adha, maka menghidangkan makanan vegetarian bukanlah perkara sulit. Namun, di saat yang sama Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan kepada tamu hidangan-hidangan vegetarian yang menarik. Untuk membuat proses memasak lebih menarik, biarkan tamu bergabung saat kita ada di dapur. Tawarkan tantangan kepada tamu dengan meminta mereka untuk membawa hidangan pendamping (side dish) vegetarian. Dengan cara ini para tamu juga akan dapat bereksperimen dengan bahan-bahan baru.

4. Bicara topik pembicaraan lain di luar makanan :


Tidak jarang dalam setiap acara kumpul-kumpul di Hari Raya, ada saja orang yang terus bertanya tanpa henti tentang kebiasaan atau pola hidup khusus yang kita jalani hingga akhirnya bisa membuat diri sendiri jadi tak nyaman. Kiatnya adalah, tetap tenang dan upayakan membelokkan topik pembicaraan ke topik lain yang menarik di luar makanan. Tanya hal-hal ringan seperti, kesibukan apa yang sedang digeluti, keadaan keluarga, hingga cerita soal liburan.

5. Berpikir positif :

Terakhir namun penting, tidak ada hal yang boleh membuat mood buruk di momen spesial seperti Idul Adha. Ingatkan diri sendiri tentang kisah di balik perayaan ini dan manfaatnya. Nikmati waktu bersama orang-orang di sekitar kita dengan sepenuhnya. Dengan pola pikir yang baik, tidak ada yang bisa merusak hari Anda bukan?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini