nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Bahan Dapur Bantu Hilangkan Komedo Membandel, Nomor 7 Paling Praktis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 21 Agustus 2018 10:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 21 194 1939349 7-bahan-dapur-bantu-hilangkan-komedo-membandel-nomor-7-paling-praktis-NGf6Gl3FwC.jpg Bahan dapur untuk bantu hilangkan komedo (Foto:Kokikutv)

POLUSI dan debu yang bertebaran di wilayah Ibu Kota, tentu tidak menyehatkan bagi Anda. Tak hanya buruk bagi saluran pernapasan, namun polusi juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda. Salah satu bagian kulit yang sensitif ketika terpapar debu dan kotoran adalah kulit wajah.

Sebagaimana diketahui, wajah manusia pasti akan mengeluarkan minyak dan keringat. Hal inilah yang membuat wajah Anda gampang tertempel debu dan kotoran yang beterbangan. Kotoran-kotoran ini yang bakal menyebabkan berbagai penyakit pada kulit wajah Anda.

Salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat adalah Whiteheads atau komedo. Ini adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh minyak, sebum, racun, sel kulit mati, kotoran dan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori kulit. Whiteheads biasanya sering terjadi di bagian dagu dan hidung.

Whiteheads biasanya terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak. Polusi, stres, jerawat, merokok, faktor genetik, makanan berminyak bisa memicu timbulnya whiteheads. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Kondisi ini masih bisa disembuhkan dengan beberapa perawatan rumahan sederhana lho. Menyadur dari Times of India, Selasa (21/8/2018), Okezone akan membahasnya satu per satu.

1. Kentang

Kentang ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan wajah. Oleskan jus kentang mentah ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas dan biarkan mengering selama 15–30 menit. Cuci dan usap kulit Anda dengan handuk hingga kering.

2. Gula dan madu

Campurkan satu sendok makan gula dan madu. Aduk hingga merata dan pijatkan campuran ini ke wajah Anda dengan lembut. Gunakan campuran ini seperti masker dan biarkan selama 10-15 menit. Lalu, bersihkan dengan air hangat. Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu.

 

3. Oatmeal

Bubuhi setengah cangkir oatmeal dan campurkan dengan 3/4 cangkir yogurt tanpa rasa. Aduk campuran ini hingga menjadi pasta dan oleskan pada kulit selama sekitar 15-20 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan ini dua kali seminggu selama beberapa bulan.

4.Minyak kelapa

Ambil 1-2 tetes minyak kelapa pada kapas dan oleskan ini di area yang bermasalah. Biarkan selama satu jam dan kemudian bersihkan dengan air dingin.

5. Jus lemon

Celupkan kapas ke dalam jus lemon dan gunakan ramuan ini di wajah Anda. Diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu cuci muka dengan air dingin. Lakukan ini tiga kali seminggu.

 

6. Madu

 

Campurkan satu sendok teh madu dengan sedikit bubuk kayu manis. Oleskan pasta halus ini pada area yang sakit di wajah Anda. Biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan air.

7. Putih telur

Kocok satu putih telur dengan satu sendok teh madu. Oleskan di wajah Anda yang sudah dibersihkan dan biarkan selama sekitar 20 menit sampai kering. Cuci bersih dengan air hangat. Ulangi ini dua kali seminggu selama beberapa bulan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini