nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ritual Pemotongan Hewan Kurban di Negara yang Umat Islamnya Minoritas

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 21 196 1939580 ritual-pemotongan-hewan-kurban-di-negara-yang-umat-islamnya-minoritas-CfhQoYsF5N.jpg Tata cara pemotongan hewan kurban dari berbagai negara (Foto:Ilustrasi/Okezone)

 

PELAKSANAAN kurban di negara Muslim selain Indonesia tentu memiliki cara yang tidak terlalu berbeda antara satu dengan lainnya, karena Islam memiliki aturan tertentu yang wajib diikuti. Namun, bagaimana pelaksanaan kurban di negara-negara yang umat Muslimnya minoritas?

Terkadang, untuk memeroleh izin menyembelih di negara-negara Islam minoritas cukup sulit. Beberapa negara bahkan menganggap penyembelihan hewan kurban terlihat seperti menyiksa hewan kurban tersebut. Dilansir Okezone dari laman Library of Congress, berikut 5 cara negara minoritas Islam melakukan kurban.

 

1. Austria

Penyembelihan hewan kurban di Austria pada umumnya dilarang jika tidak lebih dulu hewan dibuat pingsan. Untuk penyembelihannya sendiri harus dilakukan di rumah potong hewan resmi, penyembelih pun harus orang yang mengerti cara menyembelih hewan kurban agar tidak menyiksa, dan di hadapan dokter hewan.

2. Belgia

Mulai 18 Mei 2017 hewan-hewan kurban di Belgia harus disetrum lebih dulu sebelum disembelih terlepas dari aturan agama mengizinkannya atau tidak. Tapi jika tidak disetrum sebelum disembelih, orang yang menyembelih akan dikenakan denda sanksi.

3. Siprus

Hampir sama dengan Austria, Siprus pun mewajibkan penyembelih untuk membuat hewan kurban pingsan terlebih dahulu. Bedanya, di Siprus jika penyembelih sudah hafal betul tata cara penyembelihan hingga tidak menyiksa hewan, maka bisa langsung disembelih. Tapi, penyembelihan hatus dilakukan di hadapan dokter hewan dan tokoh agama.

 

4. Denmark

Di Denmark penyembelihan hewan diatur dalam undang-undang perlindungan hewan. Dalam undang-undang tersebut tertulis, penyembelihan hewan kurban harus dilakukan secepat mungkin dan semudah mungkin.

5. Finlandia

Penyembelihan hewan kurban di Finlandia dilakukan dengan cara sesuai undang-undang perlindungan hewan. Dalam undang-undang tertulis, penyembelihan harus dilakukan dengan cara membius atau membuat hewan pingsan terlebih dahulu. Hukum di Finlandia mengharuskan hewan kurban disembelih hanya di rumah jagal.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini