nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Olah Daging Sapi Kurban Antimainstream, Patut Dijajal

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 21 298 1939562 5-cara-olah-daging-sapi-kurban-antimainstream-patut-dijajal-il0dLGcYyS.jpg Daging sapi kurban bisa dibikin sate pentul (Foto:Jakartapedia)

DAGING sapi kurban yang diterima oleh masyarakat biasanya sebagian besar diolah dengan cara sate, dimasak rendang, atau dijadikan sop. Cara-cara tersebut sudah sering dilakukan tiap tahunnya hingga terasa membosankan jika harus kembali diulang pada tahun ini, kan?

Nah, Okezone memberikan Anda referensi mengolah daging sapi yang diperoleh dari kurban dengan cara antimainstream, tentunya dijamin belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Berikut 5 cara mengolah daging sapi dengan cara tidak biasa, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Rendang bola daging sapi

Untuk membuat rendang bola, Anda harus menggiling daging sapi yang diperoleh terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, karena penggiling daging bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional hingga modern.

 

(Ilustrasi)

Selanjutnya, siapkan bahan-bahan dan bumbu dapur untuk membuat rendang pada umumnya, seperti 2cm lengkuas, 2 batang serai, 3 lembar daun kunyit, kecap, garam, merica bubuk, 1.500 ml santan cair, 500 ml santan kental dari 3 butir kelapa. Bumbu yang dihaluskan 5 butir kemiri, 20 cabai merah keriting, 5 cabai merah besar, 14 bawang merah, 4 siung bawang putih, 5cm jahe, merica, ketumbar, dan garam. Kemudian, cara memasaknya sama dengan rendang pada umumnya, hanya saja bentuk bulat daging sapi terlebih dahulu sebelum direbus.

2. Satai pentul daging sapi

Menu satai memang tidak bisa dilepaskan dari daging sapi, tapi bedanya pada satai pentul daging sapi yang Anda peroleh perlu dicincang terlebih dahulu. Untuk bumbunya siapkan, kecap, santan kental, air asam jawa, tusuk satai, bawang merah, bawang putih, ketumbar bubuk, lengkuas, jahe, serai, jintan, dan merica putih.

Daging sapi yang sudah dicincang aduk bersama kecap, santan kentan, dan air asam Jawa. Lalu, lilit di tusuk satai adonan yang sudah rata tadi, ulangi sampai habis. Kemudian, bakar satai seperti biasa hingga matang.

3. Steak rumahan daging sapi

Makan steak di restoran sih sudah biasa, coba masak di rumah pakai daging sapi kurban, yuk! Bahannya mudah, daging sapi diiris tipis-tipis, bumbunya ada bawang putih, merica, garam gula, kaldu daging sapi, kecap manis, minyak goreng, jeruk nipis, air. Bahan pelengkap, buncis, jagung manis, kentang, wortel, bawang bombay, saus tomat, dan saus sambal.

Caranya lumuri daging sapi dengan jeruk nipis dan semua bumbu. Panggang sesuai selera, lalu dalam piring saji siapkan bahan pelengkap yang sudah diolah, letakkan steak yang sudah matang, kemudian beri saus sesuai selera.

4. Terik daging sapi

Siapkan daging sapi yang sudah dipotong-potong lalu masak daging sampai empuk bersama bumbu halus yang sudah ditumis lebih dulu dengan minyak, seperti bawang putih, kemiri, bawang merah, jintan, ketumbar, merica, kunyit, jahe, dan garam. Masukkan santan kental, masak sampai santan mengering dan daging empuk, sajikan.

5. Rendang Malaysia

Rendang Minang atau Padang rasanya tentu sudah akrab di lidah orang Indonesia. Maka, cobalah rendang khas Malaysia sesekali. Bumbunya santan, bawang merah, bawang putih, cabai kering, rempah-rempah untuk memasak rendang pada umumnya.

Saat memasak, Anda harus membesarkan api di awal, lalu ketika sudah hampir matang kecilkan api, cara ini dilakukan agar daging terasa lebih empuk dan bumbu lebih meresap.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini