Koki di Jepang Ini Santai Masak Tempura di Minyak Panas dengan Tangan Telanjang!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 21 Agustus 2018 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 21 298 1939652 koki-di-jepang-ini-santai-masak-tempura-di-minyak-panas-dengan-tangan-telanjang-jtypbdH0Zd.jpg Koki Ekstrem (nextshark)

SETIAP orang punya metode masing-masing dalam melakukan segala aktivitasnya. Salah satunya, dalam menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari. Maka dari itu, setiap orang punya ritme bekerja sendiri-sendiri.

Seperti disitat Nextshark, Selasa (21/8/2018), misalnya juru koki di Jepang satu ini, jika biasanya kebanyakan juru masak menggunakan alat pengaman standar untuk memasak misalnya apron, topi chef, hingga sarung tangan sebagai pelindungan diri, tidak dengan juru masak di Jepang ini, sebuah kedai tempura di Hamamatsu, Shizuoka Prefecture, Jepang.

 Baca juga: Orangtua Merasa Tak Bisa Atur Anak Mulai Beranjak Remaja

Pasalnya, dalam membuat aneka hidangan tempura yang mana proses pembuatannya digoreng dalam wajan berisi minyak panas, alih-alih mengenakan sarung tangan atau alat masak ketika menggoreng adonan tempura, sang juru masak langsung memasaknya dengan cara memegang dan memasukkan adonan ke wajan berisi minyak panas dengan tangan telanjang, alias tanpa bantuan alat ataupun membalut tangannya dengan sarung tangan pelindung.

Aksi berani memasak tempura dengan memasukkan tangan ke minyak panas dari sang chef tersebut, diketahui menjadi viral setelah seorang netizen pengguna Twitter, dengan akun bernama @Yuku1991 pada 15 Agustus 2018 lalu mengunggah video ke dalam laman akun Twitter nya, yang mana dalam tayangan video tersebut terlihat jelas aksi berani sang chef yang awalnya memasukkan kuning telur dari mangkuk di tangan kirinya ke tangan kanan lalu memasukkan ke dalam mangkuk lain berisi adonan tempura, lalu selanjutnya sang koki kemudian mengambilnya kembali dan meletakkannya ke dalam wajan berisi minyak masak panas yang mendidih.

 Baca juga: Perempuan Gemuk Jangan Pakai 4 Item Fashion Ini biar Terlihat Ramping

Video dari @Yuku1991 ini, hingga berita ini dilansir disebutkan sudah mendapatkan sekitar lebih dari 57 ribu likes dan lebih dari 29 ribu kali dibicarakan oleh para netizen pengguna Twitter.

Soal betapa santainya sang koki menggoreng tempura dengan menggunakan tangan telanjangnya, beberapa orang menilai hal tersebut mungkin dilakukan sang koki karena sudah kehilangan sensasi rasa di tangan kanannya, bunyi laporan SoraNews24.

 Baca juga: Anak Kecanduan Gadget, Introspeksi Diri Mungkin Anda Orangtua yang Mengajarinya

Di sisi lain, menurut netizen dengan akun Twitter bernama @taiyakiudon beropini bahwa hal tersebut bisa saja dinamakan sebagai efek Leidenfrost. Adalah fenomena fisik di mana cairan, ketika ditempatkan di dekat zat lain lebih panas dari titik didihnya, menciptakan lapisan isolasi uap yang mencegahnya dari mendidih terlalu cepat. Di mana dengan kata lain, adonan tempura yang menempel di tangan dan jari-jari koki tersebut seharusnya melindungi dari pembakaran ketika mencelupkan ke dalam minyak panas yang mendidih.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini