nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muncul Benjolan di Ketiak dan Terasa Nyeri, Apa Itu Sebenarnya dan Berbahayakah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Agustus 2018 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 21 481 1939339 muncul-benjolan-di-ketiak-dan-terasa-nyeri-apa-itu-sebenarnya-dan-berbahayakah-T7MtvoQOER.jpg Ketiak (Foto: Livestrong)

APAKAH Anda pernah meraba bagian ketiak dan menemukan benjolan yang tidak nampak tapi terasa sangat nyeri? Gejala ini biasanya kerap terjadi pada orang dewasa. Rasa nyeri yang berlebih karena ada benjolan tersebut yang kemudian membuat Anda sulit beraktivitas. Biasanya, benjolan ini juga membuat suhu tubuh menjadi lebih hangat dari biasanya. Tapi, tahukah Anda apa itu sebetulnya dan bagaimana masalah ini bisa terjadi? Okezone coba mewawancarai Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Martinus, SpKK, dan berikut penjelasannya.

Terkait dengan benjolan, menurut dr Martinus, hal itu bukanlah jerawat ketiak melainkan bisul ketiak! "Masalah ini sangat sering terjadi pada orang dewasa dan rata-rata penyebabnya adalah infeksi bakteri pada jaringan kulit area ketiak," paparnya saat diwawancarai beberapa hari yang lalu.

Masalah ini bisa semakin parah jika Anda tidak memerhatikan kebersihan area ketiak. Tidak bisa dipungkiri, orang dewasa memiliki kelenjar keringat yang cukup banyak dan area ketiak menjadi salah satu area yang mudah berkeringat. Nah, jika Anda tidak rutin membersihkannya, maka masalah ini bisa menjadi faktor penyebabnya.

Selain karena kurangnya perhatian pada kebersihan ketiak, bisul ketiak ini bisa muncul karena proses mencukur bulu ketiak. Dr Martinus menjelaskan bahwa ketika Anda mencukur bulu ketiak sampai habis, hal ini yang kemudian mengiritasi kulit area ketiak.

"Makanya, saya selalu menginformasikan pada semua pasien saya untuk jangan menyukur bulu ketiak sampai bersih banget. Apalagi mereka mencabutnya. Pori-pori yang besar karena proses pencabutan itu yang kemudian menjadi ladang bakteri masuk ke kulit dan iritasi serta infeksi bakteri pun terjadi. Satu lagi, saya tidak pernah menganjurkan untuk waxing bulu ketiak karena ini sangat berisiko," ujar dr Martinus.

Dia menambahkan, ada faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya bisul ketiak ini. Adalah penggunaan deodorant yang tidak tepat. "Ya, setiap produk deodorant itu punya komposisinya masing-masing dan bisa saja komponen di dalamnya itu yang kemudian tidak cocok dengan kulit Anda. Makanya, pastikan juga deodorant yang Anda pakai benar-benar sesuai dengan tubuh Anda," tambahnnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini