nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ingin Kembung saat Liburan? Ini 4 Langkah Mudah Mencegahnya

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 21 Agustus 2018 18:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 21 481 1939612 tak-ingin-kembung-saat-liburan-ini-4-langkah-mudah-mencegahnya-Q0bPfSfDOs.jpg Ilustrasi (Foto: Homebt)

LIBURAN seringkali membuat seseorang sulit menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan yang lezat. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan dapat membuat perut menjadi kembung. Tentu hal ini dapat membuat suasana liburan menjadi tidak menyenangkan. Untuk itu, perlu dilakukan beberapa langkah untuk menghindarinya.

Menurut ahli gizi Kirsten Jackson, ada beberapa kiat sederhana dalam menjaga sistem pencernaan untuk menghindari perut kembung di waktu libur. "Ketika seseorang bepergian, cara kerja sistem pencernaan bisa mengalami perubahan. Bisa saja ia bangun pada waktu yang berbeda dan melewatkan jam makan," ungkapnya seperti yang dikutip dari Evening Standard, Selasa (21/8/2018).

Kirsten menyarankan agar orang yang hendak berlibur membuat perencanaan untuk kesehatan pencernaan paling tidak 48 jam sebelum bepergian. Selain itu, hindarilah mengepak pakaian dan barang lainnya terlalu mepet. Sebab hal itu dapat meningkatkan stres dan memperbesar peluang terjadinya kembung.

Selama waktu liburan, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan berserat. Terkadang hal ini sering dilupakan sehingga membuat seseorang mengalami suplemen. Padahal makanan berserat dapat mencegah kembung atau konstipasi, merasa kenyang lebih lama, dan membantu pencernaan untuk menyiasati kurangnya asupan serat, konsumsilah suplemen untuk membantu.

makanan sehat

Jangan lupa makan secara teratur karena ini sangat penting untuk menjaga usus yang sehat. Makanlah tiga kali sehari guna menstimulasi perut agar bergerak lebih banyak. Apabila melewatkan waktu makan atau sengaja menguranginya, maka makanan lebih lama berada di dalam usus dan menciptakan lebih banyak gas sehingga menyebabkan terjadinya gas.

Cara lainnya adalah terus aktif bergerak. Walaupun beberapa orang mungkin lebih senang bermalas-malasan saat liburan, tapi hal itu malah bisa membuat perutnya kembung. Salah satu yang paling mudah adalah berjalan kaki menuju tempat-tempat wisata. Usahakan untuk berjalan sejauh 10.000 langkah.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu meminum cairan dalam jumlah cukup. Hal ini cukup penting untuk mencegah kembung di hari libur. Minumlah paling tidak 6-8 gelas cairan per hari. Namun jumlahnya bisa bertambah banyak bila cuaca terasa lebih panas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini