nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut Jenis-Jenis Sapi Kurban Langganan Jokowi saat Idul Adha

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 09:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 22 196 1939818 berikut-jenis-jenis-sapi-kurban-langganan-jokowi-saat-idul-adha-r3eXfyhKwY.jpg Sapi Limausin (Foto: Istimewa)

MENYAMBUT Idul Adha, para masyarakat berlomba memberikan hewan untuk dikurbankan. Mulai dari kambing sebagai hewan kurban paling murah, hingga sapi yang bernilai cukup mahal. Berbicara seputar sapi, hewan berkaki empat ini tentu memiliki berbagai jenis. Ya, jenis sapi yang dikurbankan tentunya beraneka ragam dengan kualitas yang berbeda-beda pula.

Lantas sapi jenis apakah yang memiliki kualitas terbaik untuk dikurbankan? Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membahas mengenai beberapa jenis sapi yang bagus untuk dijadikan hewan kurban.

1.Sapi Limosin

Jika Anda memiliki uang lebih dan ingin berkurban, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli sapi yang satu ini. Ya, sapi ini memiliki harga yang cukup tinggi. Sesuai dengan harganya, sapi ini memiliki perawakan yang tinggi dan perototan yang besar. Sapi ini awanya dikembangkan di Prancis. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pernah berkurban sapi jenis ini di Martapura.

 

2.Sapi Madura

Berbeda halnya dengan sapi limosin, harga sapi madura relatif jauh lebih murah. Sapi Madura banyak diminati kalangan pembeli karena berbagai keunggulan. Di antaranya dagingnya tebal, tulangnya kecil, dan kandungan lemak lebih rendah dibanding daging sapi jenis lain. Sapi madura termasuk jenis sapi lokal Indonesia yang paling diburu setiap Idul Adha.

 

3.Sapi Simental

 

Jenis ini masuk dalam kategori sapi besar seperti limosin. Ya, sapi ini berasal dari daerah Simme di Switzerland dengan bentuk tubuh jumbo dan padat berisi. Presiden Jokowi juga pernah berkurban sapi jenis ini di kota Jambi pada Idul Adha tahun lalu. Kala itu sapi pak presiden diperkirakan memiliki bobot mencapai 800 kilogram.

Sapi Sumba Ongole

Sapi jenis ini masuk dalam kategori besar, dengan bentuk mirip dengan limosin. Jenis sumba ongole adalah sapi asli Indonesia dengan ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan sapi madura. Tentunya sapi jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berkurban.

5.Sapi Bali

Bali juga memiliki jenis sapi tersendiri yang suka menjadi primadona masyarakat pulau jawa. Sesuai dengan namanya, ini merupakan jenis sapi potong asli Indonesia. Beberapa petinggi Negara pun pernah mengurbankan sapi jenis ini saat perayaan Idul Adha.

 

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini