nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Hari Raya Idul Adha

Firda Janati, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 22 196 1939863 8-hal-yang-perlu-kamu-ketahui-tentang-hari-raya-idul-adha-0MLP7pcf9p.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

HARI Raya Idul Adha yang juga dikenal sebagai Hari Pengorbanan, adalah hari libur umat Islam untuk berkumpul bersama keluarga dan hari dimana umat muslim berkurban hewan sapi atau kambing. Dilansir dari foodrepublic (22-08-2018) inilah 8 fakta tentang hari raya Idul Adha yang perlu Anda ketahui

1. Idul Adha dirayakan untuk menghormati dan memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya, Ismail, sesuai perintah Tuhan. Allah memberikan Nabi Ibrahim domba untuk dikorbankan pada detik-detik terakhir sebagai gantinya putranya untuk dikorbankan.

2. Idul Adha jauh pada hari akhir Haji (ziarah tahunan ke Mekkah, Arab Saudi), salah satu dari lima rukun Islam. Setiap tahun, sekitar 3 juta Muslim melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk haji.

3. Idul Adha adalah hari raya besar Islam selain Idul Fitri, yang pertama adalah Idul Fitri, yang datang setelah bulan Ramadhan.

4. Salat Idul Adha dan Idul Fitri adalah hal yang paling penting. Karena pada momen ini masyarakat di seluruh dunia memanjatkan do’a dan berharap agar dapat menghapus dosa dimasa lalu.

kambing kurban

5. Selama Idul Adha, umat muslim di dunia berpakaian dengan pakaian terbaik mereka, untuk yang mampu dalam hal ekonomi dapat mengorbankan hewan untuk disembelih, hewan tersebut adalah domba, kabing, sapi, dan unta di beberapa negara seperti di Arab. Setelah disembelih mereka menyumbangkan daging tersebut ke tetangga dan saudara-saurada yang kurang beruntung.

6. Daging dibagi menjadi tiga bagian: keluarga boleh menyimpan sepertiga; sepertiga lainnya diberikan kepada saudara, teman dan tetangga; dan bagian terakhir diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Namun jika keluarga ingin sedekahkan seluruh hasil qurbannya, hal itu diperbolehkan.

7. Hewan yang dikorbankan ini disebut sebagai Udiyyah (artinya “dikorbankan” dalam bahasa Arab), dan harus memenuhi beberapa syarat dan aturan tertentu, dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,   

“لَا تَذْبَحُوا إِلَّا مُسِنَّةً, إِلَّا أَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْبَحُوا جَذَعَةً مِنَ اَلضَّأْنِ”

“Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah. Kecuali jika terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah dari domba.” (HR. Muslim no. 1963)

Musinnah dari kambing adalah yang telah berusia satu tahun (masuk tahun kedua). Sedangkan musinnah dari sapi adalah yang telah berusia dua tahun (masuk tahun ketiga). Sedangkan unta adalah yang telah genap lima tahun (masuk tahun keenam). Jadza’ah adalah domba yang telah berusia enam hingga satu tahun.

8. Teknik memasak dan resep bervariasi dari satu negara ke negara lain. Di Arab, salah satu cara dasar memasak daging kambing adalah dengan merebusnya dengan menggunakan rempah-rempah, bawang putih, jinten, dan bawang merah di atas api yang kecil agar daging sepenuhnya matang sempura. Di Asia Tenggara, seperti di Indonesia, biasanya oalahan daging kambing adalah rendang dan semur, sementara di Turki adalah kebab (kebap dalam bahasa Turki) adalah lazim.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini