nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tinggalkan Plastik Kresek Hitam, Bawa Daging Kurban dengan 3 Alat Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 10:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 22 298 1939778 tinggalkan-plastik-kresek-hitam-bawa-daging-kurban-dengan-3-alat-ini-pl8W0TjojA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu momen yang paling dinantikan masyarakat Indonesia saat Hari Raya Idul Adha adalah menunggu pembagian daging kurban. Potongan daging inilah yang biasanya akan diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang nantinya akan disantap bersama keluarga besar.

Namun ternyata, ada satu kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mereka sering membungkus daging kurban menggunakan kantong plastik berwarna hitam. Kebiasaan ini harus dihindari karena dapat membahayakan tubuh.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber, Selasa (21/8/2018), kantong plastik berwarna hitam tidak direkomendasikan untuk makanan karena merupakan hasil daur ulang. Meski harganya cenderung lebih murah dan praktis, kantong ini diklaim mengandung zat kimia berbahaya yang bisa mengontaminasi makanan.

Baca Juga: Lihat dengan Seksama, Pelayan Bar Ini Sebenarnya Bugil Loh

Beberapa ahli mengatakan, kantong plastik hitam juga mengandung zat karsinogen dan pewarna yang bisa tercampur dengan daging. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, ditakutkan akan menimbulkan efek jangka panjang seperti kanker, dan penyakit berbahaya lainnya.

Mengingat benda ini terbuat dari produk daur ulang, maka tidak ada yang bisa memastikan apakah bahan yang digunakan benar-benar aman, dan bukan berasal dari wadah pestisida, limbah rumah sakit, limbah logam, atau kotoran hewan dan manusia.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa mengganti kantung plastik hitam dengan alat alternatif lainnya. Berikut beberapa rekomendasinya.

Wadah Plastik

Menyimpan daging dalam wadah plastik memang praktis, terutama jika Anda tidak mau menghabiskan seluruh daging sekaligus. Dengan wadah plastik, maka akan lebih mudah untuk menyimpannya di kulkas untuk diolah nantinya.

Baca Juga: 3 Trik Buat Penis Tampak Lebih Besar dan Tahan Lama di Ranjang

Kertas

Cara paling praktis untuk membungkus daging sapi adalah menggunakan kertas. Sayangnya, Anda harus cepat memindahkan daging ke wadah lain, mengingat kertas termasuk benda yang mudah hancur.

Daun

Lebih baik lagi jika Anda menggunakan daun. Selain alami, daun tidak akan memengaruhi rasa dan tekstur daging sapi ketika dibungkus. Namun, cukup sulit untuk menemukan daun berukuran besar yang dapat menutupi permukaan daging secara merata.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini