nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Dibikin Sate, Daging Sapi Bisa Diolah Menjadi 4 Hidangan Lezat Ini Lho!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 14:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 22 298 1939799 selain-dibikin-sate-daging-sapi-bisa-diolah-menjadi-4-hidangan-lezat-ini-lho-Lxl1ISL6gJ.jpg Sop buntut (Foto: Dapurbuntutpik)

4 Olahan Sapi Selain Daging

HARI Raya Idul Adha memang identik dengan berbagai hidangan daging sapi dan kambing. Mulai dari gulai, sate, hingga rendang selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia ketika mendapatkan daging kurban.

Namun Tahukah Anda, selain bagian dagingnya, ternyata ada beberapa bagian tubuh sapi yang bisa Anda gunakan ntuk membuat berbagai hidangan lezat. Dikutip Okezone dari berbagai sumber, Rabu (22/8/2018), berikut ulasan lengkapnya.

Rujak Cingur

Masyarakat Jawa Timur tentu sudah familiar dengan kuliner yang satu ini. Selain soto lamongan, rujak cingur memang menjadi salah satu kuliner khas mereka. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", sudah ada gambarankan bahan dasar yang digunakan untuk mengolah hidangan tersebut? Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, bengkuang, mangga, kerahi, nanas, kedondong, lalu disajikan bersama potongan lontong, tahu, tempe, mulut sapi, dan sayuran.

Semua bahan kemudian dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang, gula merah, cabai, dan kacang tanah yang digoreng. Rasanya jangan ditanya lagi. Anda akan merasakan sensasi rasa manis, asam, dan gurih bercampur menjadi satu.

rujak cingur(Foto: Infomakan)

Kikil

Bagian tubuh sapi yang juga bisa Anda olah menjadi hidangan lezat adalah kikil. Banyak sekali masakan Indonesia yang menggunakan kikil sebagai bahan utamanya. Misalnya olahan sate kikil yang bisa Anda temui di sejumlah daerah di Pulau Jawa. Sate kikil biasanya diolah dengna campuran bumbu kari sebelum dibakar hingga matang. Nah, untuk memperlecat cita rasanya, sate kikil akan disajikan bersama saus kacang. Nah, selain sate kikil, banyak juga pedagang kuliner yang menggunakan bahan makanan ini untuk membuat olahan bakso gurih. Dengan menambahkan potongan kikil sebagai isiannya, cita rasa bakso dinilai lebih gurih dan menggugah selera.

kikil(Foto: Giziiseasy)

Ekor sapi (buntut)

Bagi pencinta kuliner nusantara, pastinya sudah tidak asing lagi dengan olahan sop buntut. Sesuai dengan namanya, hidangan ini dibuat menggunakan bahan dasar ekor sapi yang telah dibersihkan. Di Indonesia, olahan sup buntut biasanya disajikan dengan beberapa potongan sayuran seperti lobak, kacang merah, wortel, tomat, daun bawang, kemudian diberi taburan bawang goreng. Sop buntut Indonesia umumnya dibumbui dengan bawang merah, bawang, putih, dan rempah-rempah lokal. Rasanya tidak perlu diragukan lagi.Selain tekstur buntutnya yang empuk, kuah sup ini juga bisa bikin Anda ketagihan karena rasa gurihnya.

sup buntut(Foto: Dapurbuntutpik)

Krupuk kulit

Kuliner Minang ternyata tidak hanya terpaku pada olahan rendang atau ayam popnya saja. Ada banyak sekali kuliner tradisional yang unik dan lezat, seperti olahan kerupuk kulit atau dikenal dengan nama jangek. Makanan ini terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan di bawah terik matahari sekitar 2-3 hari, kerupuk mentah kering ini siap digoreng untuk dihidangkan.

krupuk kulit(Foto: Surakarta)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini