nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lapis Legit Hidangan Terenak dari Indonesia saat Idul Adha yang Diakui Dunia

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 18:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 22 298 1939931 lapis-legit-hidangan-terenak-dari-indonesia-saat-idul-adha-yang-diakui-dunia-42bTmk9y55.jpg Lapis legit (@dapurlegitlampung/Instagram)

SEMUA umat Muslim tengah bersuka cita merayakan Idul Adha dengan memotong hewan kurban. Sebagian keluarga besar pun berkumpul pada momen ini.

Jelas ada banyak kudapan yang dihidangkan untuk menghangatkan suasana Lebaran Haji. Salah satu kue favorit yang disukai umat Muslim di Indonesia yaitu lapis legit.

Kue basah tradisional Indonesia yang terinspirasi dari resep kolonial ini memang rasanya nikmat. Cara membuatnya pun membutuhkan proses panjang.

Tidak semua orang jago bikin kue lapis legit, sehingga Anda pasti memilih membeli di toko kue. Harganya juga lumayan mahal dibanderol mulai Rp50 ribuan-Rp500 ribuan per loyang.

Siapa sangka, jika kue yang dibuat dengan campuran rempah-rempah ini jadi salah satu kue terenak di dunia. Di setiap acara kumpul-kumpul, pasti ada kue yang juga dijuluki spekuk tersebut.

Tak hanya kue lapis legit, ada lagi aneka ragam hidangan favorit umat Muslim di Indonesia saat Idul Adha. Dilansir Okezone dari Independent, Rabu (22/8/2018).

Lapis legit

Kue warisan Belanda tersebut jadi kudapan mantap saat perayaan Idul Adha. Wangi rempah dari setiap lapisan kue ini begitu menggoda. Ada tambahan rempah pala, kapulaga dan kayu manisnya yang istimewa sekali. Tak heran jika banyak orang suka lapis legit, apalagi disantap bersama keluarga tercinta.

lapis legit

Daging merah

Setelah memotong hewan kurban, pasti dapat jatah daging sesuai porsinya. Orang Indonesia pasti akan puas makan daging sapi atau kambing. Apalagi bagi orang yang tak mampu, pasti akan merasakan daging merah yang sudah disediakan panitia masjid. Nah, ada banyak resep kuno yang enak untuk mengolah daging merah tersebut. Biasanya identik dengan sate, tongseng, gulai, daging panggang dan sebagainya.

daging merah

Olahan kari dan semur

Saat Idul Adha, orang Indonesia juga sering mengandalkan masakan kari dan semur. Biasanya dipadukan dengan ketupat. Hidangan asal Yordania dan Arab Saudi ini sudah dikombinasikan dengan rempah asli Indonesia yang makin sedap.

olahan kari dan semur

Nasi biryani

Nasi biryani ayam dan kambing juga jadi hidangan Istimewa yang disukai orang Indonesia, bahkan penduduk dunia. Dalam hidangan nasinya ditambah dengan aprikot kering, biji-bijian dan bumbu rempah khas Timur Tengah. Agar lebih mantap biasanya nasi biryani itu disajikan dengan kari kambing gurih sedap.

nasi biryani

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini