nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Icip-Icip Kuliner Lezat dengan Nuansa Khas Jawa Timuran

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 22 Agustus 2018 20:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 22 298 1940030 icip-icip-kuliner-lezat-dengan-nuansa-khas-jawa-timuran-2nPTC4otjL.jpg Nasi Krawu (Foto: Instagram)

JAWA Timur tak hanya memiliki wisata alam yang menarik. Tapi banyak makanan enak yang wajib kamu coba.

Ciri khas cita rasanya yang cenderung pedas, manis dan berbumbu. Membuat masakan khas Jawa Timur ini mudah disukai banyak kalangan.

Belum lagi dengan penggunaan terasi dan petis yang ada dihampir setiap makanan. Bumbu tersebut membuat rasanya jadi lebih otentik. Penasaran dengan lezatnya aneka masakan Jawa Timur? Coba deh ke Festival Kuliner Bekasi (FKB2018).

Mulai dari camilan, minuman, makanan tradisional bernuansa Jawa Timuran hingga variasi jajanan kekinian bisa Anda temui. "Tahun ini kami angkat tema Jawa Timur karena Jawa Timur merepresentasikan keberagaman kuliner yang tengah berkembang di Tanah Air. Kami berharap bisa terus melestarikan sekaligus mengedukasi kekayaan kuliner lokal," ucap Ugi Cahyono, Center Director Summarecon Mal Bekasi (SMB), belum lama ini.

 BACA JUGA

Suka Ngemil Kacang Rebus? Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat

Bertempat di area parkir The Downtown Walk mal tersebut, Okezone pun sempat mengunjungi festival kuliner yang digelar sejak 16 Agustus -16 September 2018.

Memasuki area festival, pengunjung sudah bisa merasakan nuansa khas Jawa Timur lewat pintu masuk yang sengaja didesain dengan replika anyaman kuda yang biasa digunakan pada tarian kuda lumping. Ada juga alunan musik Jawa sebagai hiburan yang disetel selama festival dibuka.

 

Kemudian terdapat replika tugu ikonik Surabaya, yakni Tugu Sura dan Tugu Buaya serta Tugu Bambu Runcing yang bisa membuat pengunjung terbawa dengan nuansa khas Kota Pahlawan. Dekorasi tiap booth makanan juga didesain dengan konsep Jawa Timur yang terbagi dalam 3 area.

Area Jawa Timur yang menggambarkan rumah pedesaan, area Kampung Pecinaan bergaya pertokoan Tiong Hoa klasik serta kampung warna-warni dengan hiasan gantungan payung berwarna ceria. Tak cuma itu, area panggung juga sengaja dikonsep dengan hiasan burung merak dan replika harimau sebagai ciri khas budaya Reog Ponorogo.

Sembari menikmati nuansa Jawa Timuran yang bertema "Weteng Wareng Ati Marem Rek" ini, yuk keliling sejenak untuk cari makanan enak apa saja yang wajib kamu coba! Ada sekira 80 tenant yang berpartisipasi.

15 tenant diantaranya menawarkan variasi menu khas Jawa Timur seperti Raja Rawon, Cwie Mie Malang, Rujak Cingur, , Sego Pecel Ndeso Mr.J, Sego Resek khas Malang, Bakso Malang dan menu lezat lainnya. Selain itu, berikut beberapa makanan yang Okezone rekomendasikan untuk dicoba:

Lontong balap

 

Hidangan ini merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur. Disebut demikian karena dulu para pedagang lontong berjualan dalam satu tempat, bergantian menggunakan peralatan dan selalu terlihat ingin cepat selesai alias "balapan". Sejak itu disebut lontong lalap.

Makanan ini sebenarnya merupakan hidangan berkuah berbumbu dan diberi sedikit petis. Kuah tersebut disebut kuah kecap. Kemudian diberi irisan lontong, tauge (kecambah), tahu goreng, sambal terasi dan lenthok.

"Lenthok ini yang bikin khas. Terbuat dari perkedel kacang polong yang digoreng," ujar salah satu penjaga booth Lontong Balap Bioskop Ria kepada Okezone.

Satu mangkuknya dibanderol Rp26 ribu. Agar lebih nikmat, jangan lupa juga beli sate kerang sebagai pelengkap yang dijual Rp15 ribu per 5 tusuk.

Sego Krawu

 

Makanan khas Gresik, Jawa Timur ini cukup menarik perhatian di festival tersebut. Lauk-pauknya berjejer rapi di meja, terlihat banyak dan tampak menggoda.

Karena penasaran, 1 porsi sego krawu pun Okezone beli. Isinya ada nasi putih, daging suwir, telur asin, serundeng, mentimun, sambal terasi dan kuah bumbu kuning untuk disiram.

Ketika dinikmati, rasanya seperti nasi rames karena lauknya cukup banyak. Nasinya pulen, bumbu kuningnya sedap berempah dan cocok dengan lauk telur asin dan daging suwir yang manis. Tak cuma lidah yang dimanjakan, tapi perut juga kenyang.

Roti John

 

Ke Surabaya sepertinya kurang lengkap kalau belum menikmati roti sandwich kekinian yang lagi populer di kalangan anak muda. Namanya roti John di kedai Roti Papa John.

Camilan ini terdiri dari roti tawar panjang, ada yang 30 dan 20 centimeter. Sebelum di panggang di atas wajan datar, rotinya diolesi adonan telur, daun bawang dan daging cincang. Kemudian dimasak hingga matang.

Ketika sudah agak kering, roti berbalut telur tadi diberi isian lettuce, mayones, saus tomat, sambal, dan keju mozarela.

Bagaimana rasanya? Kalau dikecap sekilas, gurih dan sedapnya mirip martabak telur tapi yang ini dibalut roti agak tebal, bukan kulit martabak.

Kombinasi telur, daun bawang, daging dan rempahnya memang hampir serupa dengan martabak telur. Sehingga rasanya pun mirip, tapi ada sensasi berbeda karena rotinya empuk dan sedikit garing. Ukurannya yang besar itu juga bisa mengganjal perut yang lapar.

 BACA JUGA:

Lapis Legit Hidangan Terenak dari Indonesia saat Idul Adha yang Diakui Dunia

Tahu tek

 

Hidangan yang satu ini mirip seperti ketoprak. Yang membuatnya beda, bumbu tahu tek diberi tambahan petis sehingga rasanya jadi lebih khas Jawa Timuran.

Komposisinya berupa lontong, tahu goreng dan kentang rebus yang digunting, lalu disiram dengan saus kacang lalu ditabur tauge kecambah serta kerupuk udang. Kalau mau yang lebih mantap, tahu tek juga bisa diberi tambahan telur dadar.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini